Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III B Dalam Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Matematika di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus

Safitri, Emilia (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III B Dalam Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran Matematika di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (920kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kesulitan belajar siswa kelas III B dalam pembelajaran tematik mata pelajaran matematika di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus, 2) Mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas III B dalam pembelajaran tematik mata pelajaran matematika di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus, 3) Mengetahui upaya guru dalam mengatasi belajar siswa kelas III B dalam pembelajaran tematik mata pelajaran matematika di MI NU Khoiriyyah Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas III B MI NU Khoiriyyah Bae Kudus, siswa-siswi kelas III B MI NU Khoiriyyah Bae Kudus yang mengalami kesulitan belajar, serta orang tua siswa kelas III B yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan datamenggunakan uji kredibility (meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi), transferability, dependability, dan konfirmability. Selanjutnya analisis data yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpukan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran tematik mata pelajaran matematika yaitu kesulitan memahami konsep terkait nilai tempat dalam operasi hitung bilangan cacah, dan kesulitan keterampilan berhitung operasi bilangan cacah materi perkalian dengan teknik menyimpan. 2) Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran tematik mata pelajaran matematika terdiri dari faktor internal dan eskternal. Faktor internal siswa meliputi sikap negatif siswa terhadap pembelajaran, motivasi belajar siswa yang rendah dan kesehatan tubuh siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga dan sarana prasarana di sekolah yang kurang memadahi. 3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik mata pelajaran matematika yaitu dengan pengulangan materi pelajaran, penugasan, remidial, memberikan motivasi belajar, serta menerapkan program pembelajaran individual (PPI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Tematik, Pelajaran Matematika.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 May 2023 07:08
Last Modified: 02 May 2023 07:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item