Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Menutup Tabungan di Bank Syariah Indonesia

Aida, Evi Ana Nur (2023) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Menutup Tabungan di Bank Syariah Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (258kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (474kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Perubahan besar terjadi pada industri perbankan di Indonesia dimana terjadi pergeseran lini bisnis dari perbankan yang berfokus pada nasabah korporasi bergeser menjadi sebuah perbankan dengan fokuss utama memberikan pelayanan kepada nasabah individu. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut (1) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi nasabah dalam mengambil keputusan menutup tabungan di Bank Syariah Indonesia KC Kudus A.Yani 1, (2) Untuk mengetahui upaya yang dapat mempertahankan nasabah penabung pada Bank Syariah Indonesia KC Kudus A.Yani 1. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan pegawai dan nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kudus A. Yani 1. Sementara untuk sumber data sekunder yaitu buku, laporan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti ini. 1) Faktor yang mempengaruhi nasabah menutup rekening tabungan yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor internal disebabkan produk tabungan, pelayanan customer service, lokasi kantor serta keberadaan mesin ATM Bank Syariah Indonesia yang belum tersebar luas di seluruh wilayah. Faktor eksternal berupa kondisi ekonomi. 2) Upaya yang telah dilakukan pihak Bank Syariah Indonesia KC Kudus A. Yani 1 yaitu melakukan pembinaan dan peningkatan kinerja customer service serta melakukan komunikasi yang intensif kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHana, Kharis FadhlullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Customer Service, Nasabah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 May 2023 01:48
Last Modified: 05 May 2023 01:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9910

Actions (login required)

View Item View Item