Na’im, Choirun (2023) Retorika Dakwah K.H. Anas Fauzi Tentang Nasihat Pernikahan Di Video Instagram @anas.fauzie. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (939kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (411kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (359kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (502kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (788kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (877kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (410kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui retorika dakwah K.H. Anas Fauzi, dalam penyampaian nasihat pernikahan pada video instagram @anas.fauzie (penghulu viral dari Malang) dan bagaimana respon audiens yang terlihat dalam video instagram @anas.fauzie, serta mengetahui dampak retorika dakwah K.H. Anas Fauzi terhadap pengguna akun instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara terhadap akun instagram @anas.fauzie. Subjek penelitian ini adalah pemilik akun @anas.fauzie K.H. Anas Fauzie, orang-orang yang mengikuti akaun instagram @anas.fauzie. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penyampaian retorika dakwah K.H. Anas Fauzi terdapat pengolahan kata dengan gaya bahasa yang indah sehingga dapat menghasilakan diksi-diksi yang tepat dan dipadukan dengan humor. Lalu pengamatan terhadap pasangan pengantin dan keluarga menjadi sumber informasi tambahan. Sehingga dapat menunjang aktifitas nasihat pernikahan. Kemudian dalam mempengaruhi audiens agar larut dengan penyampaian nasihatnya terdapat tiga hal: pertama membuat situasi kondusif (suasana tenang), kedua mengiring dalam suana yaitu suasan biasa, haru (diisi dengan kata-kata yang membuat haru), dan tertawa (diisi dengan humor-humor ringan), ketiga ditutup denga do‟a yang mudah dipahami agar semua yang hadir dapat larut dalam do‟a. Selanjutnya materi yang disampaikan merupakan materi yang bersumber dari Al Quran dan Hadis. Kemudian diolah kata agar tidak terlihat berat dalam penyampaiannya. 2) respon audiens yang nampak merupakan berhasil tidaknya sebuah penyampaian retorika. Hal ini dapat dilihat pada feedback yang diperlihatakan oleh audiens berupa ikut larut dalam sebuah penyampaian. Ketika penyampaian sedih, audiens memperlihatkan ekspresi sedih, begitupula dengan sebaliknya, ketika dalam penyampaian humor, audiens yang nampak memperlihatkan ekspresi tertawa. 3) dampak yang dihasilkan terhadap retorika K.H. Anas Fauzi kepada pengguna akun media sosial berupa, selalu ada respon postitf setiap apa yang akan di sampaikan oleh K.H Anas Fauzie, selain itu para pengguna instagram dapat bebagi ilmunya di kolom komentar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Retorika Dakwah, K.H. Anas Fauzi, Penghulu Viral, Nasihat Pernikahan. | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 May 2023 03:16 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2023 03:16 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9932 |
Actions (login required)
View Item |