Strategi Dakwah Komunitas Subulussalam Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbisnis Kepada Penerima Dakwah

Najihah, Nailin (2023) Strategi Dakwah Komunitas Subulussalam Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbisnis Kepada Penerima Dakwah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (438kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (212kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Komunitas Subulussalam merupakan salah satu komunitas islam yang berada di Kabupaten Kudus. Komunitas Subulussalam merupakan salah satu komunitas islam yang memiliki semangat dalam mensiarkan nilai-nilai ajaran islam dalam berbisnis kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Strategi Dakwah Komunitas Subulussalam Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbisnis kepada Penerima dakwah. (2) untuk mengetaahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Komunitas Subulussalam dalam Meningkatkan Kemampuan Berbisnis mad’u. Penelitian dilaksanakan dengan memakai pendekatan kualitatif. Dengan jenis Humen Instrument. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta sampling dari informasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan teori dari Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga analisis data yaitu pengumpulan data (data colection), reduksi data (data reduktion), penyajian data (data display), data ini diperoleh melalui wawancara dengan pendiri komunitas Subulussalam, Ketua Komunitas Subulussalam, Pengurus komunita Subulussalam, anggota komunitas Subulussalam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwah, Pertama, dalam strategi dakwah komunitas subulussalam dalam meningkatkan kemampuan berbisnis kepada penerima dakwah diantara lain yaitu: Mengadakan kajian rutin setiap seminggu sekali, seminar setiap sebulan sekali, Mengajarkan berbisnis menurut syariat islam. Kedua, faktor pendukung komunitas Subulussalam dalam meningkatkan kemampuan berbisis mad’u meliputi: memiliki semangat yang luar biasa, sudah memiliki sekertariat sendiri, memiliki respon baik bagi para anggota Subulussalam. Adapun faktor penghambat internal antara lain: keterbatasan sumber daya manusia (SDM), tema yang diangkat tentang bisnis minimnya pengurus,. Sedangkan secara eksternal yaitu: minimnya kesadaran masyarakat, lingkungan, adanya covid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRochanah, RochanahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi, dakwah, komunitas Subulussalam,bisnis
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2023 03:41
Last Modified: 10 May 2023 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9938

Actions (login required)

View Item View Item