Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbasis Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III di MI NU Miftahul Huda 04 Glagah Kulon Dawe Kudus

Murtafi’ah, Murtafi’ah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbasis Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III di MI NU Miftahul Huda 04 Glagah Kulon Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (539kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (859kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (573kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya peningkatang hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbasis media Pop Up Book pada mata pelajaran matematika kelas III MI NU Miftahul Huda 04 Glagah Kulon Dawe Kudus. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama Bagaimana penggunaan model pembelajaran CTL menggunakan media Pop Up Book pada mata pelajaran matematika siswa kelas III MI NU Miftahul Huda 04 Glagah Kulon Dawe Kudus, dan kedua yaitu Bagamana pengaruh model pembelajaran CTL menggunakan media Pop Up Book dalam materi bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III MI NU Miftahul Huda 04 Glagah Kulon Dawe Kudus. Jenis Penelitian yang dipakai yaitu penelitian kuantitatif Pre-Experimental Designs ( Non designs), yang berupa One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilakukan selama 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data berupa buat mengetahui aktivitas siswa dan guru pada pelaksanaan prosesbelajar, tes (sebelum dan sesudah ) menggunakan model pembelajaran CTL berbasismedia Pop Up Book untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhadap materi, sedangkan dokumentasi pengumpulan data yang relevansi pada penelitian. Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbasis media Pop Up Book pada mata pelajaran matematika siswa kelas III MI NU Miftahul Huda 04 Glagah Kulon Dawe Kudus yang berjumlah 22 siswa. Hasil pretest sebesar 40,9% dan posttest sebesar 90,9%. Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL berbasis media Pop Up Book pada mata pelajaran matematika siswa kelas III MI NU Miftahul Huda 04 Glagah Kulon, juga ditunjukan pada analisis uji hipotesis yaitu perhitungan yang diperoleh t_hitung 13,363 > t_tabel 0,3882, maka (H_a) diterima dan (H_o) tidak diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufikin, TaufikinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Media Pop Up Book, Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2023 06:23
Last Modified: 10 May 2023 06:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9944

Actions (login required)

View Item View Item