Pengaruh Strategi Pembelajaran The Learning Cell Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX Di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2021/2022

Faizatina, Arina (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran The Learning Cell Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX Di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (419kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (653kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengaruh the learning cell terhadap keaktifan siswa adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan startegi pembelajaran the learning cell dan keaktifan siswa kelas IX di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2021/2022 serta untuk menganalisis apakah strategi pembelajaran the learning cell berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu field research dan asosiatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling. Instrumen untuk pengumpulan data the learning cell dan keaktifan siswa berupa kuesioner angket dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas IX di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan sampel yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier sederhana untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data persentase, menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran the learning cell pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam masuk dalam kategori kuat dan keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam masuk dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,439 > 1,998) pada taraf signifikansi 5%. Artinya, strategi pembelajaran the learning cell berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2021/2022. Sumbangan yang diberikan variabel the learning cell terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX di MTs Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah sebesar 23,5%. Adapun 76,5% nya, keaktifan siswa dipengaruhi oleh faktor lain selain the learning cell.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNadhirin, NadhirinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, The Learning Cell, Keaktifan Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 May 2023 03:46
Last Modified: 15 May 2023 03:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9979

Actions (login required)

View Item View Item