Pengaruh Model Snowball Throwing Berbasis Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi di MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak

Syaroh, Mei (2023) Pengaruh Model Snowball Throwing Berbasis Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi di MA Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (708kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (677kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (572kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (443kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui penerapan model Snowball Throwing berbasis Problem Solving dalam pembelajaran biologi, b) untuk mengetahui seberapa tinggi keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi, c) untuk mengetahui pengaruh model snowball throwing berbasis problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi experimental design dengan rancangan posttest only. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling dengan jenis teknik cluster sampling. Uji-t independent t-test digunakan dalam uji hipotesis dikarenakan syarat pengujian statistik parametrik sudah terpenuhi. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu: 1) Penerapan model snowball throwing berbasis problem solving dalam pembelajaran biologi dikatakan baik berdasarkan data respon siswa didapat sebanyak 11,11% siswa memberikan respon sangat baik dan 88,89% siswa memberikan respon baik, 2) Keterampilan awal berpikir kritis siswa dalam keadaan seimbang, setelah diterapkan model snowball throwing berbasis problem solving pada kelas eksperimen sebanyak 37,84% siswa sangat kritis dan 59,46% siswa kritis, sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 13,51% siswa sangat kritis dan 86,49% siswa kritis dalam berpikir, 3) uji hipotesis didapatkan hasil t hitung 2,312 > t tabel 1,994, maka Ho ditolak dan Ha diterima, disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model snowball throwing berbasis problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Snowball Throwing Berbasis Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis dan Virus
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2023 06:42
Last Modified: 17 May 2023 06:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10008

Actions (login required)

View Item View Item