Efendi, Muhammad Sofaruddin (2023) Penerapan Strategi TTW Think (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII Di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (344kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (440kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (294kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (622kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengetahui penerapan strategi, (2) Bentuk, (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan strategi TTW Think (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis) untuk meningkatkan kemampuan literasi sosial dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus.Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi.Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi.Diantaranya triangulasi sumber, teknik, waktu.Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan (1) Penerapan strategi TTW Think (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis) peneliti membagi menjadi 5 kelompok, peneliti memberikan media gambar, peneliti memberikan satu pertanyaan pada tiap kelompok, kelompok mempresentasikan, pada pertengahan presentasi peneliti memberikan ice breaking. (2)Bentuk penerapan strategi TTW Think (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis) untuk meningkatkan kemampuan literasi sosial dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus yaitu adanya perilaku beberapa peserta didik kurang aktif pada pembelajaran IPS, dan kurangnya minat dalam diri individu peserta didik untuk semangat pada proses pembelajaran. Peneliti juga mendapatkan hasilyang baik pada beberapa peserta didik, yang memiliki antusias serta semangat yang tinggi.(3) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan strategi TTW Think (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis) untuk meningkatkan kemampuan literasi sosial dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Tamrinut Thullab Undaan Kudus yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa, faktor pendukung yaitu diantaranya, terdapat 3 kelompok yang memperoleh nilai 80,89,90 yang artinya nilai lebih dari nilai KKM 70. Faktor penghambat yaitu diantaranya, terdapat 2 kelompok yang memperoleh nilai 60,66 yang artinya kurang dari nilai KKM 70.Terdapat beberapa peserta didik yang lebih paham pada literasi sosialnya saja, dan terdapat beberapa peserta didik yang kurang paham terhadap penerapan strategi TTW Think (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis). Tetapi terdapat juga beberapa peserta didik yang memahami penerapan strategi TTW Think (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis) danliterasi sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, TTWThink (Berfikir), Talk (Berbicara), Write (Menulis), Literasi Sosial, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jun 2023 01:23 | ||||||
Last Modified: | 21 Jun 2023 01:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10354 |
Actions (login required)
View Item |