Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Anak Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII MTs. Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati

Ardian, Rommy (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Anak Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas VIII MTs. Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (304kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (823kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (580kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (416kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar dan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap mata pelajaran matematika di MTs. Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan model pembelajaran yang lebih menarik dan bisa meningkatkan minat belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu model pembelajaran hybrid learning. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tujuan diantaranya yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model hybrid learning terhadap minat belajar matematika anak di kelas VIII MTs. Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati. 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model hybrid learning terhadap kemampuan komunikasi matematis anak di kelas VIII MTs. Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental. Teknik sampling yang digunakan yaitu Nonprobability Sampling dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara memilih anak di sekitarnya yang dianggap mendukung pelaksanaan penelitian dan diambil kelas VIII yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs. Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji korelasi product moment. Hasil analisis pada penelitian ini diperoleh kesimpulan diantaranya adalah: 1) Model pembelajaran hybrid learning mempunyai pengaruh positif terhadap minat belajar siswa terlihat pada hasil dari uji regresi linear sederhana yang menunjukkan nilai signifikan 0,038 < 0,05 dan juga pada uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikan 0,038 < 0,05 dengan nilai pearson correlationnya sebesar 0,47. 2) Model pembelajaran hybrid learning mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dilihat dari regresi linear sederhana yang menunjukkan nilai signifikan 0,049 < 0,05 dan juga pada uji korelasi product moment diperoleh nilai signifikan 0,049 < 0,05 dengan nilai pearson correlationnya sebesar 0,397. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran hybrid learning terhadap minat belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa di MTs. Miftahul Muhtadin Sundoluhur Kayen Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Minat Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis Model Pembelajaran Hybrid Learning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:43
Last Modified: 11 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10504

Actions (login required)

View Item View Item