Strategi Organisasi Kemasyarakatan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Berzakat (Studi Kasus di Lazismu Pati)

Setyowati, Ellynda (2023) Strategi Organisasi Kemasyarakatan dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Berzakat (Studi Kasus di Lazismu Pati). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meneliti strategi organisasi kemasyarakatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berzakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya strategi yang dilakukan organisasi kemasyarakatan Lazismu Pati dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berzakat dan peran organisasi kemasyarakatan dalam memotivasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk membayar zakat di Lazismu Pati Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan sumber data primer (informan penelitian) dan data sekunder (buku referensi). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Teknik analisis data yang penulis lakukan adalah dengan melakukan pengumpulan data terlebih dahulu dari mulai observasi dan wawancara. Setelah itu, data disajikan dengan uraian-uraian berdasarkan informasi yang didapatkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian mengenai strategi yang digunakan oleh organisasi Lazismu Pati untuk meningkatkan kesadaran masyarkat dengan cara: penggunaan media sosial Instagram dan website, penyampaian materi dan pemahaman tentang zakat melalui kegiatan pengajian dan kajian keagamaan, serta penggunaan media cetak.Kendala Lazismu Pati dalam memotivasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk membayar zakat antara lain: a. kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat akan zakat, b. rasa egoisme yang masih tinggi bagi setiap individu, c. lembaga yang kurang kompeten dan kredibel bagi masyarakat sehingga menimbulkan keraguan. Solusi yang bisa dilakukan oleh Lazismu Pati dalam memotivasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk membayar zakat antara lain: a. memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang zakat melalui berbagai macam media, b. menumbuhkan rasa percaya masyarakat dengan memperbaiki kinerja dan selalu menjadi lembaga yang kredibel sehingga masyarakat akan percaya kepada Lazismu Pati. c. Lazismu Pati melalui dakwah nya harus bisa merubah pemikiran masyarakat tentang pentingya zakat sebagai bentuk kepedulian antar sesama manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Organisasi masyarakat, Kesadaran masyarakat, Zakat
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:56
Last Modified: 11 Jul 2023 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10520

Actions (login required)

View Item View Item