Strategi Komunikasi Massa Pada Akun Instagram @Islamichistories dalam Menyampaikan Sejarah Islam

Oktaviana, Dhea (2023) Strategi Komunikasi Massa Pada Akun Instagram @Islamichistories dalam Menyampaikan Sejarah Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (337kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (549kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kegiatan dakwah melalui media instagram, dengan beragam pesan dakwah yang disebarkan. Dari segi komunikasi, kegiatan dakwah di instagram ini termasuk suatu proses komunikasi massa. Oleh karena itu, peneliti mencoba menganalisis secara deskriptif kaitannya dengan strategi komunikasi massa pada akun @islamichistories dalam proses dakwahnya. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan guna memaparkan strategi komunikasi massa yang diterapkan pada akun instagram @islamichistories dalam menyampaikan pesan sejarah Islam. Juga untuk mengetahui bentuk dakwah yang diterapakan pada akun tersebut, beserta respon dari followers terhadap penyampaian dakwah @islamichistories melalui berbagai unggahan kontennya. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kepustakaan atau library research, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data ialah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara mengamati akun @islamichistories, meliputi unggahan konten, instagram stories, serta komentar warganet. Wawancara dilakukan secara online via email dengan pendiri akun, serta via WhatsApp dengan pengikut dan kontributor akun. Dokumentasi dilakukan dengan mencari informasi dari beragam sumber seperti buku, jurnal, serta artikel di internet. Selanjutnya, metode analisis isi dalam penelitian ini menggunakan strategi komunikasi perspektif Anwar Arifin. Hasil dari penelitian menunjukkan empat strategi komunikasi pada akun @islamichistories, yakni 1) mengenal khalayak, yaitu netizen dengan sifat yang heterogen, 2) menentukan pesan, yang terbagi menjadi sumber dan jenis pesan, 3) menetapkan metode, dimana akun ini berfokus pada penyampaian pesan sejarah peradaban Islam, serta 4) seleksi dan penggunaan media, yang menganalisis media instagram beserta keunggulan dan kelemahannya sebagai sarana untuk menyebarkan dakwah sejarah Islam. Selain itu, hasil temuan penelitian juga mengungkapkan bahwa akun @islamichistories menerapkan bentuk dakwah maiudzah hasanah, hal ini dilihat dari pesan dakwahnya yang berupa sejarah Islam. Lalu, ditemukan pula respon followers yang terbagi menjadi tiga bentuk, yakni effect (respon yang berhubungan dengan emosi dan perasaan), judgement (respon yang bersifat evaluatif), dan appreciation (penilaian terhadap pesan yang disebarkan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThoifuri, ThoifuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Instagram, Islamic Histories
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:12
Last Modified: 14 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item