Fitria, Lailatul (2023) Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Dan Keteladanan di SDIT Makarimal Akhlaq Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (318kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (588kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (363kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (594kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (363kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (282kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (779kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kegiatan-kegiatan dalam pembentukan pendidikan karakter di SDIT Makarimal Akhlaq Kalipucang Wetan Welahan Jepara. (2) Mengetahui strategi pendidikan karakter di SDIT Makarimal Akhlaq Kalipucang Wetan Welahan Jepara. (3) Mengetahui tantangan dalam internalisasi pendidikan karakter di SDIT Makarimal Akhlaq Kalipucang Wetan Welahan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Dalam pendekatan ini, peneliti menggunakan dirinya sendiri sebagai instrument dan mengikuti data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program pembiasaan dan keteladanan merupakan program utama untuk mencapai visi dan misi SDIT Makarimal Akhlaq terutama dalam membentuk karakter peserta didik dalam hal kebaikan. Adapun program pembiasaan terdapat 3 kegiatan meliputi kegiatan rutin, spontan dan terprogram. Sedangkan program keteladanan meliputi kegiatan untuk memberi contoh yang baik pada peserta didik. (2) Dalam membentuk karakter melalui program pembiasaan dan keteladanan membutuhkan sebuah strategi. Dalam strategi memudahkan guru dalam menerapkan nilai karakter. Adapun strategi yang digunakan di SDIT Makarimal Akhlaq meliputi kegiatan intrakuliker, budaya sekolah dan internalisasi nilai. Pertama, kegiatan intrakuliker seperti mengintegrasikan mata pelajaran. Kedua, kegiatan budaya sekolah seperti sholat dhuha, sholat dhuhur, infaq, makan bersama, tahfidz dan ziarah. Ketiga, kegiatan internalisasi nilai memiliki 3 tahap yakni tahap transformasi nilai seperti guru menginformasikan baik atau buruknya nilai kepada peserta didik, tahap transaksi nilai seperti guru tidak menginformasikan baik atau buruknya nilai, tetapi guru terlibat langsung, dan tahap transinternalisasi nilai seperti guru memberi contoh langsung kepada peserta didik. Dari strategi yang diterapkan pada kegiatan pembiasaan dan keteladanan mendapatkan nilai-nilai seperti nilai religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, dan peduli. (3) Adapun tantangan dalam internalisasi nilai karakter di SDIT Makarimal Akhlaq meliputi kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana serta faktor alam dan cuaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | nternalisasi, Pendidikan Karakter, Program Pembiasaan, Program Keteladanan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2023 01:20 | ||||||
Last Modified: | 28 Aug 2023 01:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10906 |
Actions (login required)
View Item |