Pengembangan Booklet Berbasis Islam-Sains Karakteristik Tumbuhan Kebun Qur’an Al-Mawaddah Kudus Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII MTS

Milenia, Ericha Puji Nanda (2023) Pengembangan Booklet Berbasis Islam-Sains Karakteristik Tumbuhan Kebun Qur’an Al-Mawaddah Kudus Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII MTS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (835kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi masih minimnya pengetahuan integrasi Islam dan sains pada proses pembelajaran serta kurangnya pendidikan agama islam sehingga berpengaruh pada nilai-nilai dan akhlak generasi muda. Dengan mukjizat diturunkannya Al-Qur’an yaitu sebagai pedoman manusia dan adanya Kebun Qur’an sebagai sumber belajar siswa dalam belajar IPA, diharapkan dapat menambah pengetahuan Islam-sains serta menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Pemaduan dari keduanya, peneliti mengembangkan booklet sebagai penunjang bahan ajar dan sebagai pendamping pembelajaran di luar kelas. Masalah dalam penelitian ini yaitu belum adanya bahan ajar IPA berupa booklet berbasis Islam-sains. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media penunjang pembelajaran berupa booklet berbasis Islam-sains Karakteristik Tumbuhan Kebun Qur’an Al-Mawaddah Kudus Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas VII MTS, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Model penelitian menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahap yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, un coba produk, revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respon untuk kelayakan produk. Subjek uji coba dilakukan kepada pendidik (Guru IPA) dan siswa MTs N 2 Jepang Mejobo Kudus. Hasil uji coba respon siswa diperoleh nilai presentase sebesar 85% dengan kategori "sangat baik"dan hasil uji coba pendidik (Guru IPA) diperoleh nilai presentase 89% dengan kategori "sangat baik" Hal ini menunjukan bahwasannya pengembangan booklet berbais Islam-sains ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRaida, Sulasfiana AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Booklet, berbasis Islam-sains, Karakteristik Tumbuhan, Kebun Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:58
Last Modified: 17 Oct 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11002

Actions (login required)

View Item View Item