Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus

Mustaghfirin, Mohammad Nailal (2023) Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (758kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (474kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (922kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (709kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan jiwa entrepreneurship melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal Gusjigang di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus. (2) Faktor pendukung dan penghambat Pengembangan jiwa entrepreneurship melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal Gusjigang di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif deskriptif berkaitan dengan penilaian subjektif terhadap sikap. Kualitatif adalah suatu pendekatan ilmiah yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendiskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Lokasi penelitian di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pembelajaran berbasis kearifan lokal Gusjigang dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan uji keabsahan data dan uji reliabilitas data. Semua data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan jiwa entrepreneurship melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal Gusjigang di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus mengunakan Kurikulum 13, dan dalam merumuskan pengembangan kurikulum dan bekerjasama dengan Pihak lain agar membentuk prilaku mandiri, tumbuh keberanian untuk mencoba, komunikatif, bertambahnya wawasan dan keterampilan. Selain itu menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dalam rangka menyiapkan jiwa mandiri sehingga dapat dikembangkan menjadi karakter entrepreneur sehingga muncul ide-ide kreatif dan inovatif dalam kehidupannya dimana dalam pelaksanaannya ditindaklanjuti dengan program-program yang telah dirumuskan oleh sekolah, dan menerapkan nilai-nilai Gusjigang dengan harapan kelak menjadi entrepreneur yang bagus, pinter ngaji, pinter dagang. (2) Faktor pendukung pengembangan jiwa entrepreneurship melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal Gusjigang di SMK Assa’idiyyah 2 Kudus antara lain adanya dukungan dari pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. Mereka mendukung serta mensupport akan mempromosikan sekolah dengan adanya integrasi pembelajaran berbasis kearifan lokal yaitu gusjigang, dinas terkait saling berkolaborasi dalam membimbing dan mengarahkan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship, pemberian support dari pembimbing dan pemeberian contoh setiap hari di lingkungan sekolah serta adanya dukungan dari masyarakat. Adapun faktor penghambatnya yaitu pengintegrasian kemata pelajaran yang membutuhkan proses lama, belum begitu mengenal dengan nilai falsafah gusjigang, dan suka mengikuti gaya orang lain dari pada budaya sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Jiwa Entrepreneurship, Kearifan Lokal, Gusjigang
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Wirausaha
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 03:15
Last Modified: 22 Oct 2023 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item