Lupita, Maristiya Cahya (2023) Manifestasi Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) BSI SMART di Wilayah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (452kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (737kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (579kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (273kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
Abstract
Institusi perbankan sangat berperan penting dalam proses pembiayaan karena sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana kemudian disalurkan kembali pada masyarakat yang kekurangan dana dengan memberikan jasa keuangan lainnya dengan tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Adanya kebijakan OJK untuk menciptakan produk layanan yang inovatif yaitu laku pandai. Dengan hal tersebut Manifestasi sebagai sebuah perwujudan Bank Syariah Indonesia mengeluarkan produk laku pandai BSI SMART. BSI SMART merupakan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang menyediakan layanan perbankan dan/atau keuangan lainnya yang tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dengan didukung sarana teknologi informasi sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas khususnya pada lapisan bawah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu pengumpulan data dari informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda. Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT dengan mencari kelemahan, kekuatan, peluang, dan ancaman adanya Laku pandai BSI SMART. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manifestasi Lakupandai BSI SMART adalah penerapan laku pandai BSI Smart di Wilayah Kudus merupakan program wakil dari perbankan untuk efisiensi kedepanya dengan diganti digitalisasi untuk memudahkan transaksi pelayanan keuangan bagi masyarakat yang jauh dari kantor cabang, adanya BSI SMART ini memberikan layanan yang mudah, dapat menjangkau masyarakat lebih luas, menjadikan peuang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi agen Laku pandai karena mendapatkan fee setiap transaksinya, meningkatnya penggunaan teknologi digital dapat mengurangi operasional kantor, dan hasil dari analisis SWOT dapat diperoleh dengan memberikan edukasi atau sharing kepada agen mengenai produk laku pandai BSI SMART, menambah sumber daya yang bertugas untuk menangani produk Lakupandai, terdapat persaingan antar bank terutama bank konvensional yang lebih dulu menguasai pasar dengan melakukan strategi meningkatkan dan menjaga stabilitas performa aplikasi layanan Laku pandai BSI SMART
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manifestasi Laku pandai, Analisis SWOT, BSI SMART | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 03:56 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 03:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11240 |
Actions (login required)
View Item |