Menara Kudus Sebagai Sumber Belajar Etnopedagogi Mata Pelajaran IPS di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus

Susilaningtiyas, Dwi Erna (2023) Menara Kudus Sebagai Sumber Belajar Etnopedagogi Mata Pelajaran IPS di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (517kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (300kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan pembelajaran IPS yang selama ini hanya bersumber pada materi yang disajikan secara verbalistik dan tidak bermakna, sehingga penulis mengadakan penelitian terhadap sumber pembelajaran berbasis etnopedagogi sebagai inovasi sumber belajar mata pelajaran IPS yang sesuai dengan kondisi sosial dan budaya di lingkungan peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dikolaborasikan dengan action research menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif. Lokasi penelitian ini di Desa Lau Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, tepatnya di MTs. Hidayatul Mustafidin. Adapun Subjek dalam penelitian ini diantaranya yaitu Guru Mata Pelajaran IPS dan Peserta Didik. Sumber data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui uji triangulasi (kroscek data) berupa triangulasi sumber, teknik dan waktu. Sementara Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa tahap reduksi data, penyajian data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini membahas tentang Menara Kudus Sebagai Sumber Belajar Etnopedagogi Mata Pelajaran IPS di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai 1) Implementasi Menara Kudus sebagai Sumber Belajar Etnopedagogi Mata Pelajaran IPS di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus 2) Hambatan dari Implementasi Menara Kudus sebagai Sumber Belajar Etnopedagogi Mata Pelajaran IPS di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus 3) Respon Peserta Didik terhadap Implementasi Menara Kudus sebagai Sumber Belajar Etnopedagogi Mata Pelajaran IPS di MTs. Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Adapun Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat dua pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS yakni pertama, pembelajaran di dalam kelas berupa demonstrasi media pembelajaran miniatur menara kudus serta pemutaran video pembelajaran, kedua yakni kegiatan kunjungan wisata ke situs Menara Kudus 2) Terdapat beberapa faktor penghambat kegiatan pembelajaran diantaranya yaitu kesulitan dalam pembuatan media miniatur menara kudus, waktu pelaksanaan pembelajaran yang sangat terbatas, serta keterbatasan biaya dan transportasi pada saat pelaksanaan kegiatan kunjungan 3) Peserta didik mudah menerima materi, antusias peserta didik pada saat pembelajaran, peserta didik lebih fresh pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menara Kudus, Sumber Belajar Etnopedagogi, Mata Pelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:22
Last Modified: 08 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11797

Actions (login required)

View Item View Item