Implementasi Kebijakan, Kontribusi Penerimaan dan Efektivitas Retribusi Parkir Dalam Laporan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pati)

Salsabila, Fadhila Nur (2023) Implementasi Kebijakan, Kontribusi Penerimaan dan Efektivitas Retribusi Parkir Dalam Laporan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (985kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (774kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan retribusi parkir yang sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Pati Nomor 25 Tahun 2012, kontribusi penerimaan dan efektivitas retribusi parkir dalam pendapatan asli daerah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma studi kasus di Dinas Perhubungan Kabupaten Pati. Retribusi merupakan suatu pembayaran dari masyarakat kepada negara karena adanya jasa tertentu yang diberikan oleh negara bagi masyarakat secara perorangan. Salah satu alternatif retribusi daerah yang dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD adalah retribusi parkir. Retribusi parkir merupakan suatu pembayaran atas penggunaan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Oleh karena itu maka semakin tinggi pendapatan yang diterima maka akan semakin tinggi juga kemampuan pemerintah untuk membiayai kebutuhan daerah. Begitu pula sebaliknya apabila pendapatan daerah yang diperoleh sedikit maka akan mengalami penurunan serta penyelenggaraan otonomi daerahnya juga kurang maksimal. Sehingga untuk meningkatkan retribusi parkir perlunya dilakukan suatu upaya kontribusi dan efekvitas didalam laporan penerimaan retribusi parkir. Fokus penelitian yang akan disampaikan didalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan retribusi parkir yang sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2012 pada kontribusi penerimaan serta efektivitas retribusi parkir dalam laporan pendapatan asli daerah. Dalam penyusunan penelitian ini menerapkan jenis penelitian lapangan atau biasa disebut (flied risearch) dengan metode deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya untuk uji keabsahan data melalui triangulasi dengan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian yang dilakukan yang dilakukan penyusunan skripsi ini adalah adanya implementasi kebijakan retribusi parkir yang sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Pati Nomor 25 Tahun 2012. Sebagaimana yang terdapat dalam penelitian ini yaitu pengelolaan parkir, tata cara pemungutan, tata cara pembayaran, sanksi, pembinaan, pengawasan, kontribusi dan efektivitas retribusi parkir didalam laporan pendapatan asli daerah. Implementasi belum sesuai dengan prosedur dalam hal pengelolaannya karena masih banyak potensi parkir liar yang seharusnya bisa menambah retribusi daerah. Apabila dalam hal pengelolaan parkir liar dilakukan secara maksimal maka akan semakin tinggi juga kemampuan pemerintah untuk membiayai kebutuhan daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartini, TinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Kontribusi, Efektivitas Retribusi Parkir, Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Akuntansi
Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 May 2024 04:42
Last Modified: 14 May 2024 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item