Implementasi Model Vizualisation Auditory Kinesthetik (VAK) Dalam Menigkatkan Kreatifitas Tari Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV Di MI Miftahul Ulum Pancur 1 Mayong Jepara

Najah, Fina Ni'matun (2023) Implementasi Model Vizualisation Auditory Kinesthetik (VAK) Dalam Menigkatkan Kreatifitas Tari Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV Di MI Miftahul Ulum Pancur 1 Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (565kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (479kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Dalam pembelajaran SBdP di MI Miftahul Ulum Pancur 1 khususnya materi tari masih menggunakan model konvensional, penerapan model konvensional membuat mata pelajaran SBdP materi seni tari kurang menciptakan suasana yang menyenagkan, aktif dan kreatif. Penyampaian materi seni tari yang dilakukan lebih fokus pada teori, Hal ini menyebabkan minimnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dari permasalahan yang terjadi peneliti mencoba memberikan solusi dengan menggunakan model pembelajaran Vizualisation Auditory Kinesthetik (VAK). Yang mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi Model Vizualisation Auditory Kinesthetik (VAK) Dalam Menigkatkan Kreatifitas Tari Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV di MI Miftahul Ulum Pancur 1 Mayong Jepara 2) Keberhasilan dari Implementasi Model Vizualisation Auditory Kinesthetik (VAK) Dalam Menigkatkan Kreatifitas Tari Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV Di MI Miftahul Ulum Pancur 1 Mayong Jepara. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya, serta siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Pancur 1. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan uji kreatibilitas, uji transferability, uji dependability serta uji confirmability, serta untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, Implementasi Model Vizualisation Auditory Kinesthetik (VAK) Dalam Menigkatkan Kreatifitas Tari Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Kelas IV di MI Miftahul Ulum Pancur 1 Mayong Jepara di mulai dari kegiatan perencanaan, kegiatan pelaksanaan dilanjutkan proses penggunaan model VAK dengan materi memperagakan gerak tari manuk dadali dimana dalam penerapannya memiliki beberapa langkah-langkah yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan pada tahap akhir yaitu evalusi pembelajaran. kedua Keberhasilan dengan adanya penerapan model pembelajaran VAK tersebut membuahkan dampak positif yang baik, baik bagi guru maupun peserta didik diantaranya a) Mempermudah guru dalam menjalankan aktivitas pembelajaran b) Mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam pembelajaran c) Meningkatkan kegairahan dalam belajar d) Menumbuhkan motivasi peserta didik dalam belajar e) Meningkatkan kreatifitas tari peserta didik pada pembelajaran Seni Bidaya dan Prakarya (SBdP) terutama materi tari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elya UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Vizualisation Auditory Kinesthetik (VAK), Kreatifitas Tari, SBdP
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:07
Last Modified: 23 Jul 2024 04:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11831

Actions (login required)

View Item View Item