Nilai-Nilai Pendidikan Adab Dan Akhlak Dalam Kitab At-Tahliyah Wat-Targib Dan Relevansinya Pada Materi Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Hadi, Solihul (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Adab Dan Akhlak Dalam Kitab At-Tahliyah Wat-Targib Dan Relevansinya Pada Materi Akidah Akhlak Jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (118kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (88kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai pendidikan adab dan akhlak menurut Sayyid Muhammad dalam kitab At-Tahliyah Wat-Targib. Kajian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan adab dan akhlak bagi anak usia 7-12 tahun dan anak usia dini. Dimana saat ini banyak fenomena-fenomena yang menunjukkann terjadinya kemerosotan tingkah laku peserta didik. Hal ini menjadi sangat penting dikarenkan untuk menjadi manusia yang baik haruslah didasari dengan pondasi yang kuat dan kokoh melalui penanaman nilai-nilai pendidikan adab dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan adab dan akhlak dalam kitab At-Tahliyah Wat-Targib dan mengetahaui adanya relevansi pada materi Akidah Akhlak jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Untuk menjawab pertanyaan di atas penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (Library Research) dengan sumber data primer kitab At-Tahliyah Wat-Targib dan buku mata pelajaran Akidah Akhlak jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: kitab At-Tahliyah Wat-Targib terdapat nilai-nilai pendidikan adab dan nilai-nilai pendidikan akhlak. Nilai-nilai pendidikan adab dalam kitab At-Tahliyah Wat-Targib meliputi adab berbicara, adab makan, adab berpakaian, adab berkunjung, adab besuk orang sakit dan adab pesta makan. Sedangkan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab At-Tahliyah Wat-Targib meliputi akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang lain dan akhlak terhadap Negara atau pemerintahan. Kedua, adanya relevansi antara kitab At-Tahliyah Wat-Targib dengan materi Akidah Akhlak yang diajarkan dijenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlfah, RahmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Adab dan Akhlak, Kitab At-Tahliyah Wat-Targib, Akidah Akhlak Jenjang MI
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:28
Last Modified: 30 Jul 2024 06:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item