Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunitu, Threat) terhadap Pelaksanaan Program Gerakan Bulan Sedekah di BAZNAS Kabupaten Jepara

Farentina, Ayu Bella (2023) Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunitu, Threat) terhadap Pelaksanaan Program Gerakan Bulan Sedekah di BAZNAS Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (721kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Selama ini objek dari kegiatan pengumpulan zakat, infaq dan sedekah dari Badan Amil Zakat, sebagian besar berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) sedangkan untuk objek dari masyarakat masih sangat sedikit, Oleh sebab itu BAZNAS Kabupaten Jepara membuat inovasi program Gerakan Bulan Sedekah guna memupuk rasa kepedulian masyarakat terhadap sesama dan meningkatkan pengumpulan dari masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh analisis SWOT secara simultan dan parsial serta mengetahui nilai matris SWOT pada pelaksanaan program Gerakan Bulan Sedekah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field riserch) dengan pendekatan kuantitatif berbasis analisis SWOT. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah UPZ desa/kelurahan se-Kabupaten Jepara dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 60 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis pertama menunjukkan variabel strength, weakness, opportunity, dan threat secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap pelaksanaan Program Gerakan Bulan Sedekah dengan Fhitung > Ftabel (9,23 > 2,54) dengan signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Pada uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa variabel strength, weakness, dan opportunity berpengaruh positif secara parsial terhadap pelaksanaan Program Gerakan Bulan Sedekah dan variabel threat berpengaruh negatif terhadap pelaksanaan Program Gerakan Bulan Sedekah, dengan nilai variabel strength, t_(hitung ) > t_tabel (3,378 > 2,004) dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Nilai variabel weakness yaitu 〖 t〗_(hitung ) > t_tabel (2,069 > 2,004) dan nilai signifikansi 0,043 < 0,05. Nilai variabel opportunity yaitu 〖 t〗_(hitung ) > t_tabel (2,201 > 2,004 ) dan nilai signifikansi 0,032 < 0,05. Nilai variabel threat yaitu -t_(hitung ) < - t_tabel (-2,705 < -2,004) dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Pada perhitungan matriks SWOT dengan skor bobot pada tabel IFE dan EFE didapatkan hasil x = 1,73 dengan nilai kekuatan sebesar 2,71 dan nilai kelemahan sebesar 0,98 serta nilai y = 3,10 dengan nilai peluang sebesar 3,58 dan nilai kelemahan sebesar 0,48. Jadi pelaksanaan program Gerakan Bulan Sedekah berada pada kuadran I (positif) yang artinya situasi sangat menguntungkan dimana strategi yang tepat dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Jepara adalah mendukung kebijakan yang agresif seperti membuat sistem keuangan sendiri untuk mengantisipasi kekurangan SIMBA, bekerjasama dengan pemerintah dari tingkat kabupaten hingga desa/kelurahan untuk memperkuat sosialisasi kepada masyarakat, melakukan pertemuan untuk koordinasi teknis pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorQomar, M.NurulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Pelaksanaan Program, Sedekah
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Pemberian > Sadaqah
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Sadaqah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:38
Last Modified: 31 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11885

Actions (login required)

View Item View Item