The Use Of PBL Method To Improve Students' Abilities In Writing Descriptive Texts Of The Eighth Grade At MTs. Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara

Soraya, Putriana Nayla (2023) The Use Of PBL Method To Improve Students' Abilities In Writing Descriptive Texts Of The Eighth Grade At MTs. Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (951kB)
[img] Text
02.ABSTRACT.pdf

Download (191kB)
[img] Text
03. CONTENTS.pdf

Download (457kB)
[img] Text
04. CHAPTER I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
05. CHAPTER II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
06. CHAPTER III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
07. CHAPTER IV.pdf

Download (589kB)
[img] Text
08. CHAPTER V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
09. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis siswa dalam menulis teks deskriptif merupakan salah satu penerapan belajar mengajar yang sesuai dengan metode pembelajaran jenis PBL. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa permasalahan yang telah dirumuskan oleh peneliti, yaitu penggunaan metode PBL dalam menulis teks deskripsi, kemudian kendala apa saja yg terjadi ketika menulis teks deskripsi di kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara kelas delapan B tahun pelajaran 2022/2023. Guru bahasa Inggris yang mengajar dikelas delapan B menggunakan metode pembelajaran PBL dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa mengenai teks deskripsi. Peneliti memperoleh sumber data penelitian dari data primer, suatu informasi yg diperoleh langsung dari berbagai pihak yang terkait dengan permasalahan penelitian.Kemudian sumber data selanjutnya adalah data sekunder yaitu berupa dari jurnal, data buku yang terkait dengan objek penelitian dan dokumentasi resmi dari hasil penelitian.Beberapa teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah melalui teknik data observasi, wawancara dan dokumentasi.Kemudian data tersebut diuji validitasnya melalui teknik triangulasi.Dalam penelitian ini, data yang telah diperoleh peneliti selanjutnya dianalisis menjadi tiga tahap yaitu data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas menggunakan metode PBL untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks deskripsi telah berhasil dilakukan. Namun ada beberapa kendala siswa sering tidak membawa buku kamus bahasa Inggris ketika ada mata pelajaran bahasa Inggris dan beberapa siswa masih belum memahami kosakata bahasa Inggris, Kendala selanjutnya adalah waktu yang dibutuhkan untuk menulis kurang memadai yang menjadi halangan karena siswa membutuhkan persiapan menulis dan menyelesaikan permasalahan yang ada didalam teks deskripsi. Dan solusi yg dapat memecahkan kendala tersebut adalah guru harus lebih tegas kepada siswa supaya siswa dapat disiplin. Dan ada beberapa keunggulan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi melalui metode PBL yang digunakan oleh guru bahasa Inggris. Pertama, metode penggunaan pembelajaran PBL dapat mengembangkan siswa dengan cara berfikir kritis, kreatif dan inovatif. Kedua dapat membentuk siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis yang baik dan benar.Ketiga dapat menciptakan siswa untuk mahir menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyoningsih, SetyoningsihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PBL Method, Writing, Description Texts
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:59
Last Modified: 31 Jul 2024 03:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item View Item