Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari Jepara Tahun 2022/2023

Nur, Miladia (2023) Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari Jepara Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (864kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (577kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (665kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (447kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di MI Mazroatul Ulum Nalumsari Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pra-Eksperimental Design dalam bentuk The one shot case study. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas IV MI Mazroatul Ulum Nalumsari Jepara tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampelnya berjumlah 30 siswa dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrument angket, observasi dan dokumengtasi. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang menunjukkan adanya pengaruh positif Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Macam-Macam Gaya Siswa Kelas IV MI Mazroatul Ulum Ulum terhadap kemandirian belajar siswa, yaitu dibuktikan dari uji hipotesis hasil kemandirian belajar menggunakan perhitungan SPSS Versi 25, diperoleh t hitung sebesar 6.531, selanjutnya dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikansi 5 % maka diperoleh dk = N-2 (30-2=28) adalah 2.048. Sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel (6.531>2,048) artinya, Ho ditolak dan Ha diterima. didapatkan signifikansi 0, 000, sedangkan nilai α adalah 0, 05. Dapat dinyatakan bahwa 0, 000 < 0, 005. Artinya, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar siswa sebelum (Pretest) di terapkan model PjBL (Project Based Learning) dan setelah (posttest) di terapkan model PjBL (Project Based Learning). Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemandirian belajar siswa pada materi macam-macam gaya Siswa Kelas IV MI Mazroatul Ulum Nalumsari Jepara Tahun 2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PjBL, Kemandirian Belajar, IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 05:00
Last Modified: 31 Jul 2024 05:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11895

Actions (login required)

View Item View Item