Cindyana, Virda Erica (2023) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Tematik di SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (973kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (395kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (454kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (222kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 di SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Selain itu, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 di SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakaan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Menggunakan 3 (tiga) jenis teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di tempat penelitian di SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara dengan subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik kelas 5 SD Negeri 2 Ngroto Mayong Jepara. Hasil penelitian ini antara lain, 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 di SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara adalah model sederhana dan efektif diterapkan di sekolah dasar yang meliputi empat tahapan yakni persiapan, penyampaian, pengayaan dan penutup. Metode yang digunakan adalah dengan berdiskusi kelompok. Adapun untuk materi pada mata pelajaran tematik meliputi semua materi yang ada di buku guru dan buku siswa pelajaran tematik. Serta evaluasi yang dihadirkan berupa pengawasan guru yang lebih extra terhadap peserta didik khususnya yang memiliki prestasi akademik yang kurang. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat terlaksananya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 di SD Negeri 2 Ngroto Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara yaitu : 1) faktor pendukung meliputi pendidik, peserta didik dan sarana prasarana. 2) faktor penghambat meliputi waktu yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, STAD, Pembelajaran Tematik | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2024 04:55 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 04:55 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11919 |
Actions (login required)
View Item |