Ali, Ahmad (2023) Implementasi Learning Community dalam Menumbuh Kembangkan Karakter Gotong Royong pada Siswa SMK NU Kunduran Blora. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (152kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (256kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (112kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (928kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (107kB) |
|
Text
09 BAB VI.pdf Download (206kB) |
Abstract
Rumusan masalah ini adalah 1) apa sajakah bentuk implementasi learning community dalam menumbuh kembangkan Karakter Gotong Royong islam pada siswa SMK NU Kunduran Blora; 2) bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat dalam upaya Menumbuh Kembangkan Karakter Gotong Royong Pada Siswa SMK Nu Kunduran Blora; 3) sejauhmana implementasi learning community terhadap perkembangan Karakter Gotong Royong pada siswa SMK NU Kunduran Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer berasal dari wawancara sejumlah informan dan sumber data sekunder berasal data data dokumen pendukung. Penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi atau kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian 1) pelaksanaan implementasi learning community dalam menumbuh kembangkan Karakter Gotong Royong pada siswa SMK NU Kunduran Blora diantaranya dimulai dari (a) membentuk kelompok beranggotakan 4-6 siswa secara heterogen; (b) guru menyajikan bahan pembelajaran; (c) guru memberi tugas (d) Guru memberi penilaian kepada siswa pada saat pembelajaran berlansung; 2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Upaya Menumbuh Kembangkan Nilai- Karakter Gotong Royong Pada Siswa SMK NU Kunduran Blora. (a) Faktor pendukungnya yaitu adanya alat peraga, media pembelajaran yang relevan guru mampu mengelola kelas. Kondisi fisik dan psikis peserta didik yang baik dan siap saat mengikuti pembelajaran. (b) Faktor penghambatnya antara lain kurangnya sarana prasarana kelas seperti LCD, media pembelajaran yang kurang sesuai, cara penyampaian dari guru kurang diperhatikan oleh peserta didik atau tidak sesuai dengan metode yang diharapkan sehingga anak kurang memperhatikan dan seterusnya. 3) Implikasi dari upaya guru PAI dalam menumbuhkembangkan Karakter Gotong Royong melalui pendekatan pembelajaran learning community pada siswa SMK NU Kunduran Blora diantaranya adalah (a) Peningkatan kedisiplinan beribadah (b) menurunya angka kenakalan siswa; (c) meningkatkan kedisiplinan siswa; (d) meningkatnya prestasi belajar siswa; (e) pembelajaran yang konsudif.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Learning Community, Krakter Gotong Royong | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:34 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:34 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12002 |
Actions (login required)
View Item |