Islamiyah, Anis Ainul (2023) The Effect of Talking Stick Method to Develop Students' Motivation in the Giving Instruction Topic for 8th Graders at MTs Mazro'atul Huda Wonorenggo Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (822kB) |
|
Text
2. ABSRACT.pdf Download (261kB) |
|
Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (336kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (354kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (440kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (505kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (474kB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. REFERENCES.pdf Download (274kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu motivasi belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas VIII MTs Mazro'atul Huda Wonorenggo Demak umumnya masih rendah. Permasalahan ini disebabkan kurangnya minat peserta didik terhadap proses pembelajaran dan ditambah dengan metode ajar yang masih konvensional. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan motivasi peserta didik, salah satunya dengan menggunakan metode talking stick. Metode ini dianggap lebih efektif dan dapat mengembangkan motivasi pesrta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick pada topik giving instruction dan mengetahui respon peserta didik terhadap model pembelajaran Talking Stick. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental design. Peneliti menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel. Populasinya adalah 59 siswa kelas VIII. Jumlah sampel 40 siswa yang diambil dari dua kelas, VIII A dan VIII B. Peneliti menggunakan uji-t independen, yang bertujuan untuk membandingkan data dari dua kelas yang berbeda dengan menggunakan rumus uji-t dalam SPSS 25. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, peneliti menemukan hasil bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 79,25, dan nilai pada kelas kontrol adalah 75,00. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki skor yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil dari uji T dengan Sig. (2-tailed) = 0,040 < 0,05, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Frekuensi respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Talking Stick adalah sangat positif dengan kriteria sangat setuju (SS)= 79%, setuju (S)= 18%, kurang setuju (KS)= 3%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan metode talking stick untuk mengembangkan motivasi siswa dalam topik giving instruction di MTs Mazro’atul Huda Wonorenggo Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Talking Stick, Motivasi, Quasi Experimental Design | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:04 | ||||||
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:04 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12007 |
Actions (login required)
View Item |