Faradia, Annida (2023) Studi Analisis Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah dalam Perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (960kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (532kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (574kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (355kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (447kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (342kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (407kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Analisis pendidikan Islam di lingkungan sekolah menurut Prof. DR. Zakiah Daradjat 2) Relevansi konsep pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat dengan pengembangan Madrasah ibtidaiyah di Indonesia pada masa sekarang. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Library Research, yakni serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan mengumpulkan data pustaka. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisi isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Zakiah Daradjat adalah salah satu tokoh wanita pelopor tersebarnya pendidikan Islam d Indonesia. Pemikirannya tentang pendidikan Islam sudah melegenda dari zaman ke zaman. Tujuan pendidikan agama pada lingkungan sekolah menurut Zakiah Daradjat adalah untuk lebih mengetahui dan memahami agama, serta lebih mengamalkan dan menghayatinya sehingga mereka mampu membudayakan diri dan lingkungannya dengan nilai-nilai agama. Disamping itu, dapat mengamalkan ilmu dan keterampilannya sesuai dengan ketentuan agama. 2) Konsep pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat adalah 1. Pendidikan Islam mencakup semua dimensi manusia sebagaimana ditentukan Islam. 2. Pendidikan Islam menjangkau kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat secara seimbang. Konsep pendidkan Islam Zakiah Daradjat yang meliputi seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dalam hal pendidikan akhlak dan mental sangat bertautan dengan perkembangan Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia sekarang ini. Secara keseluruhan manajemen Madrasah Ibtidaiyah pada masa kini sudah berkembang pesat dari masa-masa sebelumnya. Jenis Madrasah yang masih ada dari zaman dulu yang masih ada sampai sekarang adalah Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah danMadrasah Aliyah. Sedangkan di era modern seperti ini Madrasah Ibtidaiyah sudah berkembang pesat sehingga lahir beberapa jenis Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia. Ada Madrasah Ibtidaiyah Negeri, Madrasah Ibtidaiyah Swasta, Madrasah Ibtidaiyah Terpadu dan Madrasah Ibtidaiyah Inklusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | eksistensi, Madrasah Ibtidaiyah, relevansi, Zakiah Daradjat | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:58 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12085 |
Actions (login required)
View Item |