Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Realistik dalam Mengintegrasikan Nilai Keislaman pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs

Fitrianingsih, Nor (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Realistik dalam Mengintegrasikan Nilai Keislaman pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (321kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Permasalahan siswa mengenai pemahaman konsep matematika yang masih rendah, kurang memahami pengaplikasian matematika secara real dan kurang memahami hubungan antara nilai Islam dengan matematika dan nilai-nilai didalamnya, menjadi upaya untuk memaksimalkan proses pembelajaran dengan berbagai cara, salah satunya adalah pengembangan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran dapat dilakukan oleh pendidik maupun oleh peneliti. Pada penelitian ini, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran LKPD dengan tujuan meningkatkan pemahaman matematika realistik siswa dan nilai Islam yang berkaitan dengan matematika, sehingga perlu dikembangkannya media LKPD dengan pendekatan realistik yang juga mengandung nilai Islam serta hubungan keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah LKPD dengan bentuk cetak yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word 2013 dan Canva. Penelitian ini menguraikan dua pembahasan yaitu tahapan atau proses pengembangan LKPD yang dilakukan adalah dimulai dari observasi, analisis masalah, perancangan media, pembuatan media, melakukan validasi media kepada para validator ahli materi dan ahli media. Kemudian melakukan perhitungan pada hasil validasi dan revisi dari para validator dilanjutkan dengan uji coba dengan skala kecil dan besar untuk mengetahui kelayakannya hingga evaluasi atau perbaikan media pada tahap sebelumnya. Selai itu, hal lain yang disebutkan pada penelitian ini adalah mengenai kelayakan media setelah dilakukan pengembangan. Proses mengetahui kelayakan dimulai dari uji coba yang dilakukan, dengan skala kecil dan besar secara berurutan mendapatkan respon yang baik dari siswa. Hasil perhitungan yang dilakukan mulai dari tahap validasi hingga uji coba didapatkan hasil yang memenuhi kriteria keseluruhan masuk dalam rentang skor x ̅ > 79,995 mendapat kategori “sangat layak”. Dari kelayakan tersebut, media dapat digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Nilai Keislaman, Pendekatan Realistik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:58
Last Modified: 26 Sep 2024 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12096

Actions (login required)

View Item View Item