Fara, Nisa Alia (2023) Penggunaan Alat Permainan Edukatif Pom-Pom Untuk Mengenalkan Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia Dini di TK Nusa Indah 1 Kramat Dempet Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (143kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (117kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (382kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan implementasi penggunaan alat permainan edukatif pom-pom untuk mengenalkan pembelajaran berhitung pada anak usia dini di TK Nusa Indah 1, (2) mendeskripsikan faktor pendukung penggunaan alat permainan edukatif pom-pom untuk mengenalkan pembelajaran berhitung pada anak usia dini di TK Nusa Indah 1, (3) mendiskripsikan faktor penghambat dari penggunaan alat permainan edukatif pom-pom untuk mengenalkan pembelajaran berhitung pada anak usia dini di TK Nusa Indah 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kalitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Implementasi penggunaan alat permainan edukatif pom-pom untuk mengenalkan pembelajaran berhitung pada anak usia dini di TK Nusa Indah 1. Tahap pendidik adalah menyiapkan alat dan bahan dan membagi anak didik. Dalam kegiatan penggunaan alat permainan edukatif pom-pom untuk mengenalkan pembelajaran berhitung pendidik menjelaskan dan mendemonstrasikan kegiatan yaitu dimulai dengan mengenalkan bilangan angka 1 sampai 10 menggunakan flashcard setelah itu pendidik membagi kelompok anak didik menjadi 3-4 anak, membagikan pom-pom dan lembar tugas pada masing-masing kelompok membentuk sebuah angka dengan pom-pom dan distimulasi pendidik konsep penjumlahan mengguakan stik es krim membentuk tanda tambah. 2) Factor pendukung dalam penggunaan pom-pom yaitu: a. adanya fasilitas yang sudah disediakan, b. pendidik yang kompeten, c. konsep pembelajaran kreatif, d. adanya kerjasama pihak pendidik, wali murid dan anak didik. 3) Faktor penghambat penggunaan alat permainan edukatif pom-pom untuk mengenalkan pembelajaran berhitung yaitu: a. waktu pembelajaran, b. anak didik yang kurang aktif, c. alat permainan edukatif pom-pom yang terlalu kecil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Alat Permainan Pom-Pom, Pengenalan Berhitung, Taman Kanak-kanak | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2024 02:00 | ||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:00 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12146 |
Actions (login required)
View Item |