Pengaruh model pembelajaran SETS (science, environment, technology, and society) terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi pemanasan global kelas VII di MTs Nu Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus

Jannah, Miftahul (2023) Pengaruh model pembelajaran SETS (science, environment, technology, and society) terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi pemanasan global kelas VII di MTs Nu Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (604kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (640kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan proses sains mata pelajaran IPA karena dalam memberikan materi guru masih menggunakan model pembelajaran konvesional seperti ceramah, mengerjakan LKS yang membuat peserta didik malas belajar, apalagi mata pelajaran IPA bagi peserta didik sangatlah sulit. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran menggunakan model SETS (science, environment, technology, and society). Adapun yang menjadi tujuan peneliti ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan model SETS (science, environment, technology, and society) terhadap keterampilan proses sains pada materi pemanasan global di MTs Nu Mafatihul Ulum 2) untuk mengetahui pengaruh model SETS (science, environment, technology, and society) terhadap keterampilan proses sains pada materi pemanasan global di MTs Nu Mafatihul Ulum 3) untuk mengatui efektivitas model SETS (science, environment, technology, and society) terhadap keterampilan proses sains pada materi pemanasan global di MTs Nu Mafatihul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi experimental) menggunakan non equivalent control group. Adapun Teknik pengumpulan data adalah angket, tes, dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas VII A 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VII B 32 peserta didik sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel dengan cara Teknik sampling jenuh. Uji hipotesis yang digunnakan adalah uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan penggunaan model SETS (science, environment, technology, and society) dikatakan berhasil karena memiliki proses pembelajaran yang menyenangkan dan membuat peserta didik memiliki antusias yang tinggi untuk kelas eksperimen 2) berdasarkan hasil uji independent simple T-test dapat dikatakan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa teradapat pengaruh atau perbedaan yang signifikansi untuk meningkatkan keterampilan proses sains menggunakan model pembelajaran Science Environment Technology and Society dibandingan model konvesional. 3) uji N-gain score dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran sains, environment, technology, dan society (SETS) di kelas eksperimen dengan instrument soal pilihan ganda maupun angket dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada mata pelajaran pemanasan global peserta didik kelas VII MTs Nu Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus. maka dengan itu penggunaan model SETS (science, environment, technology, and society) memiliki pengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:29
Last Modified: 03 Oct 2024 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12196

Actions (login required)

View Item View Item