Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pecahan Kelas III di MI Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara

Ulya, Naila Darojatil (2023) Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pecahan Kelas III di MI Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (782kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran interaktif papan pintar terhadap hasil belajar peserta didik materi pecahan kelas III di MI Mafatihul Akhlaq Demangan Tahunan Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimental dan desain yang digunakan yaitu True-eksperimental dengan Post-test Only Control Grup Desain. Populasi pada penelitian ini yaknik seluruh peserta didik kelas III MI Mafatihul Akhlaq Tahunan Jepara yang berjumlah 46 peserta didik. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan Uji hipotesisnya, peneliti menggunakan uji Independent T-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mengetahui bahwa: (1) Penggunaan media interaktif papan pintar memberikan kontribusi baik dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal tesebut dapat dibuktikan pada nilai rata-rata matematika sebesar 80,57 pada peserta didik yang menggunakan media pembelajaran interaktif papan pintar dan terdapat nilai rata-rata matematika sebesar 71,08 pada peserta didik yang menggunakan media konvensional. (2) Terdapat hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif papan pintar dan yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebanyak 2,818 yang berada di atas ttabel yaitu 2,0153. Begitu juga dengan output t-test yaitu nilai p value sebesar 0,007 yang berada di bawah alpa 5%. Sehingga peserta didik menggunakan media pembelajaran interaktif papan pintar memiliki hasil yang lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan media pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif Papan Pintar, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika Materi Pecahan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:39
Last Modified: 03 Oct 2024 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item View Item