Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Akidah Akhlak Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mafatihul Akhlak Demangan Jepara

Safitri, Anna (2023) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Akidah Akhlak Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mafatihul Akhlak Demangan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (558kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (599kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (657kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (831kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Akidah Akhlak Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mafatihul Akhlak Demangan Jepara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTs Mafatikhul Akhlak Demangan Jepara dan Berapa besar pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTs Mafatikhul Akhlak Demangan Jepara Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Mafatihul Akhlaq yang berjumlah 45 siswa, dengan sampel adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 45 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yaitu angket keterampilan mengajar guru sebanyak 16 item dan angket minat belajar siswa sebanyak 26 item. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linier, uji regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Ini dibuktikan dengan uji hipotesis antara keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas VIII diperoleh t-hitung sebesar 5,175 > 1,681. Dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh nilai F-hitung = 26,784 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka terdapat pengaruh variabel keterampilan mengajar guru (X) terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan hasil determinasi R² diperoleh R Square sebesar 0,384, maka persentase pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa yaitu 38,4% sedangkan sisanya 61,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhoeroni, FaridUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 08:25
Last Modified: 03 Oct 2024 08:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item