Studi Analisis Etnomatematika Gebyok Ukir Kecamatan Nalumsari Jepara sebagai Implementasi pembelajaran Geometri di SMP

Afifah, Umi (2023) Studi Analisis Etnomatematika Gebyok Ukir Kecamatan Nalumsari Jepara sebagai Implementasi pembelajaran Geometri di SMP. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (440kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (345kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (956kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (487kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (471kB)

Abstract

Gebyok ukir Jepara merupakan salah satu karya seni ukir atau furnitur Jepara yang berupa partisi penyekat ruangan berbahan kayu jati. Gebyok ukir Jepara selain menggambarkan karakteristik budaya juga memiliki kaitan dengan matematika yang dapat dijembatani oleh Etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layak atau tidaknya gebyok ukir kecamatan Nalumsari Jepara sebagai bahan pembelajaran geometri. Penelitian yang bertujuan untuk mengkaji etnomatematika di Gebyok Ukir Jepara ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode etnografi. Untuk menyelidiki keberadaan etnomatematika di gebyok ukir Jepara, model penelitian ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk mendapatkan dan mengumpulkan data asli. Prosedur pengumpulan informasi dalam penelitian ini menggunakan pertemuan, persepsi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya disusun dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat unsur etnomatematika pada gebyok ukir Jepara. Etnomatematika yang ditemukan pada bentuk gebyok ukir yaitu ventilasi udara yang berbentuk persegi, bentuk ukiran tempel yang menyerupai bentuk belah ketupat, trapesium yang terdapat unsur matematika geometri bangun datar. Selanjutnya unsur kekongruenan dan kesebangunan yang banyak ditemukan pada gebyok ukir misalnya kekongruenan antara ventilasi udara yang berada dikanan dan kiri dari bagian bentuk gebyok, bentuk jendelanya juga mengandung konsep kekongruenan dan kesebangunan. Adapun konsep matematika terakhir yang ditemukan yaitu terdapat unsur transformasi geometri pada gebyok ukir misalnya pada ukiran tempel yang terdapat di penyangga gebyoknya yang mengandung unsur translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi. Bahan ajar geometri yang dapat diterapkan disekolah ialah bahan ajar berupa ringkasan lembar kerja siswa yang berkaitan dengan budaya lokal gebyok ukir kecamatan Nalumsari Jepara pada materi bangun datar, kekongruenan dan kesebangunan, serta transformasi geometri yang dipelajari pada jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Gebyok Ukir Jepara, Implementasi Pembelajaran Geometri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:21
Last Modified: 07 Oct 2024 04:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item View Item