Implementasi Kegiatan Kolase dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023

'Izzah, Rahma Anissa Nurul (2023) Implementasi Kegiatan Kolase dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (740kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (571kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (949kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUATAKA.pdf

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum mengenai kegiatan kolase di kelas B TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Bae Kudus. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan kolase dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di kelas B TK Aisyiah Bustanul Athfal XI Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat di kelas B TK Aisyiah Bustanul Athfal XI Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dengan jenis field research (penelitian lapangan) dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan secara alamiah yang bertujuan untuk menafsirkan fenomena yang terjadi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun pada kelas B3 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Bae Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Dengan jumlah 13 peserta didik terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Data-data tentang implementasi kegiatan kolase di TK Aisyiyah Bustanul Athfal XI Bae Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian melakukan pengujian keabsahan data meliputi uji kredibilitas, triangulasi, dan kecukupan bahan referensi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengembangkan kemampuan motorik halus, guru menekankan satu dari 3 elemen capaian pembelajaran di PAUD yaitu anak menggunakan keterampilan motorik untuk mengeksplorasi dan memanipulasi berbagai objek. Selain itu, implementasi kegiatan kolase di kelas B3 TK Aisyiyah Bustanul Athfal IX Bae Kudus terdapat kegiatan seperti menyobek/ menggunting, menggiling-giling bahan, mengelem, dan menempel sehingga dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Untuk faktor pendukung keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran kolase meliputi tersedianya sarana prasarana yang memadai, imajinasi anak dan semangat tinggi yang dimiliki anak, memiliki guru yang ramah, serta bahan-bahan untuk membuat kolase dapat ditemui dengan mudah. Adapun hambatan dalam melaksanakan kegiatan kolase yaitu anak lebih mudah bosan, adanya rasa takut pada diri anak dan merasa kurang percaya diri. Terdapat solusi alternatif dalam mengatasi hambatan tersebut seperti dilakukan ice breaking sebelum menempel, guru memberikan motivasi dan memberikan reward pada anak yang memiliki hasil karya terbaik dapat menumbuhkan antusias anak dalam melakukan kegiatan kolase.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPancaningrum, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Kolase, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:20
Last Modified: 07 Oct 2024 07:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12222

Actions (login required)

View Item View Item