Pengaruh Metode Team Quiz Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Kelas VII di MTs NU Miftahul Falah Kudus

Majid, Khamidum (2023) Pengaruh Metode Team Quiz Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Kelas VII di MTs NU Miftahul Falah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (554kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (680kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (514kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu usaha yang dapat dilakukan demi membentuk bakat yang dimiliki anak didik, baik fisik maupun mental, serta menjauhkannya dari kecenderungan negatif menuju perilaku yang lebih baik. Mengingat pentingnya pendidikan, maka perlu selalu dilakukan evaluasi bagaimana meningkatkan mutu pendidikan. Anggapan negatif siswa terhadap matematika tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar matematika. Faktor lain memilih MTs NU Miftahul Falah sebagai tempat penelitian karena rerata UN mata pelajaran matematika Tahun 2019 di MTs NU Miftahul Falah adalah 45,83 lebih rendah dibanding dengan rerata UN matematika di Kabupaten Kudus yaitu 51,38 dan rerata matematika di tingkat Provinsi Jawa Tengah sebesar 49,28. Guru harus menggunakan metode yang tepat selama kegiatan pembelajaran supaya siswa dapat belajar secara efektif, efisien, dan mencapai hasil yang diinginkan. Guru harus memahami taktik presentasi, juga dikenal sebagai metode pengajaran, sebagai salah satu langkah dalam mempraktikkan rencana ini. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (Quasi-Experimen Research) bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh metode pembelajaran team quiz berbasis kontekstual memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII MTs NU Miftahul Falah Kudus. Sementara sampel pada penelitian ini adalah kelas VII C yang akan dikenai metode team quiz berbasis kontekstual sebagai kelas eksperimen dan siswa di kelas VII A yang akan dikenai metode ceramah sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes. Data yang didapat telah dianalisis menggunakan uji statistik parametrik independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 26. Setelah penerapan masing-masing metode pembelajaran, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dari kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional atau metode ceramah dengan kelas eksperimen yang menggunakan metode team quiz berbasis kontekstual. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil pengerjaan post test sehingga didapat hasil belajar siswa, kelas kontrol memiliki rata-rata 57,16 sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebik baik yaitu 68,24. Selain dengan rata-rata juga dibuktikan dengan uji hipotesis dengan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 26. Pada perhitungan SPSS didapatkan hasil signifikasi 0,001 < 0,05 sehingga diputuskan H_0 ditolak atau H_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada kelas kelas eksperimen yang menggunakan metode team quiz berbasis kontekstual lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaharani, RizqonaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Team Quiz, Kontekstual, dan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:48
Last Modified: 08 Oct 2024 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12240

Actions (login required)

View Item View Item