Hikmah, Nafilia Nihayatul (2023) Pengembangan Modul Berbasis PJBL-STEM Sub Materi Hukum Bernoulli pada Permainan Layang-Layang di SMP Duta Aswaja Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (804kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (404kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (721kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (476kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (317kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
Abstract
Pengembangan modul materi gerak benda berbasis PjBL-STEM pada permainan layang-layang dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMP Duta Aswaja Kudus. Kondisi kegiatan pembelajaran di SMP Duta Aswaja Kudus akan sumber belajar yang digunakan masih berpacuan pada materi catatan yang diberikan oleh guru IPA, dan jarang diintegrasikan dengan suatu permainan yang belum mengarah pada penerapan IPA dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut produk yang dikembangkan bertujuan untuk menyederhanakan materi yang abstrak menjadi sederhana dan mudah dipahami peserta didik. Metode yang diterapkkan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) yang berdasarkan pada model PPE menurut Richey & Klein meliputi tahap perancangan, produksi, dan evaluasi. Data penelitian yang diperoleh dari hasil validasi, guru, dan siswa setelah uji coba produk akan dianalisis untuk mengetahui tingkat kevalidan modul berbasis PjBL-STEM. Angket uji kelayakan berisi berbagai aspek dan indikator kelayakan produk, dengan penskoran menggunakan skala likert. Hasil Penelitian ini meghasilkan produk modul materi gerak benda berbasis PjBL-STEM pada permainan laayang-layang yang memiliki spesifikasi modul yang disusun melalui aplikasi Canva kemuudian dipindah dalam bentuk file PDF lalu dicetak dalam bentuk buku. Modul terdiri dari 15 halaman yang terstruktur mulai dari cover, pendahuluan, isi hingga penutup. Modul materi gerak benda diterapkan pada permainan layang-layang berbasis PjBL-STEM yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Menyusun pertanyaan mendasar, penyusuna projek, menentukan jadwal, dan memantau kemajuan projek, menguji hasil, dan mengevaluasi hasil pengalaman. Hasil dari uji kelayakan pengembangan modul dari sudut pandang ahli materi dinyatakan “sangat layak” dengan persentase kelayakan sebesar 92,3%, dan hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 82,7% dengan kriteria “layak”. Selanjutnya, dari guru IPA diperoleh persentase 88,3%, dan 83,1% diperoleh dari hasil angket respon peserta didik. Dengan demikian, berdasarkan hasil uji validasi, respon guru IPA dan respon peserta didik, modul gerak benda berbasis PjBL-STEM pada permainan layang-layang di tingkat SMP/MTS dapat dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebaiknya diperlukan adanya pengembangan bahan ajar modul lanjutan topik bab berbeda pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Modul, Gerak Benda, PJBL-STEM, Permainan Layang-layang | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2024 06:52 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 06:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12247 |
Actions (login required)
View Item |