“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GLASSER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA SHOFA MARWAH SOWAN LOR KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”.

Ummah, Nida’ul (2016) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GLASSER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA SHOFA MARWAH SOWAN LOR KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (376kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Model pembelajaran glasser pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Shofa Marwah Sowan lor Kedung Jepara. 2) Hasl Belajar Siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Shofa Marwah Sowan lor Kedung Jepara. 3) Pengaruh model pembelajaran glasser terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Shofa Marwah Sowan lor Kedung Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pelajaran Aqidah Akhlak. Model pembelajaran glasser merupakan model perencanaan pembelajaran yang memberikan rancangan secara konseptual oleh guru dalam pembelajaran, dimana dalam pembelajaran glasser diharapkan siswa setelah mendapatkan pelajaran tersebut dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field reseach dengan jenis penelitian kuantitatif yang mana dilakukan berdasarkan data yang bersifat statistik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran glasser terhadap hasil belajar siswa. Teknik sampel yang diambil adalah sampel purposif (purposive sampling) peneliti memiliki alasan khusus tertentu berkenaan dengan sampel yang akan diambil. Obyek dari pnelitian ini adalah guru yang mengampu mata pelajaran aqidah akhlak sebanyak 11 guru, dan sampelnya 7 orang guru. Selain data langsung yang berjumlah 7 guru, peneliti juga mengambil data tidak langsung yang diambil dari muid sebanyak 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Model pembelajaran glasser pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Shofa Marwah Sowan lor Kedung Jepara menempati kategori cukup, dibuktikan dengan mendapat nilai rata-rata atau mean 62.00 yang berada pada interval 57-64. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Shofa Marwah Sowan lor Kedung Jepara menunjukkan nilai rata-rata atau mean 79.10 yang berada pada interval 79-80 berarti hasil belajar menunjukkan kategori cukup. 3) Pengaruh model pembelajaran glasser terhadap hasil belajar siswa dengan hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran glasser terhadap hasil belajar siswa diterima yaitu terdapat pengaruh sebesar 4.952 dengan signifikansi 0.000. Oleh karena Fhitung : Ftabel yaitu 4.952 : 2.000 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Glasser; Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Orang Dewasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 05:51
Last Modified: 03 Dec 2016 05:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item