Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning Madrasah Pada Mata Pelajaran Ilmu Sosial (IPS) Kelas VII MTs Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Sa’diyah, Saibatus (2023) Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning Madrasah Pada Mata Pelajaran Ilmu Sosial (IPS) Kelas VII MTs Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (390kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (499kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Berbasis E-learning Madrasah Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII MTs Negeri 2 Kudus. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis e-learning madrasah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII MTs Negeri 2 Kudus. 2) Untuk mengetahui kendala dalam implementasi pembelajaran berbasis e-learning madrasah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS ) kelas VII MTs Negeri 2 Kudus. 3) Untuk mengetahui solusi apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pembelajaran berbasis e-learning madrasah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII MTs Negeri 2 Kudus. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala Sekolah MTs Negeri 2 Kudus, Pendidik Mata Pelajaran IPS MTs Negeri 2 Kudus dan Peserta Didik kelas VII MTs Negeri 2 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi e-learning madrasah pada mata pelajaran IPS yaitu pertama dari tahap perencanaan yang meliputi pendidik dapat membuat kelas online, membuat perangkat pembelajaran, penyediaan bahan ajar, dan penilaian pada e-learning madrasah. Kedua pada tahap pelaksanaan, meliputi pendidik dan peserta didik melaksanakan pembelajaran dari pendahuluan, kegiatan inti, sampai penutup pada e-learning madrasah. Peserta didik dapat mengakses bahan ajar, mengirim tugas melalui aplikasi e-learning madrasah. Ketiga tahap evaluasi, meliputi pendidik dapat memberikan penugasan kepada peserta didik melalui e-learning madrasah. 2) Kendala dalam implementasi e-learning madrasah pada mata pelajaran IPS meliputi : a) tidak tersedianya handphone b) kuota internet yang terbatas c) jaringan internet yang tidak stabil. 3) Solusi mengatasi kendala dalam implementasi pembelajaran e-learning madrasah pada mata pelajaran IPS yaitu : a) peserta didik yang tidak memiliki handphone, madrasah bekerja sama dengan wali kelas, pendidik dan masyarakat untuk meminjamkan handphone kepada peserta didik. b) peserta didik yang terkendala kuota, pihak madrasah memberikan subsidi kuota melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) atau dari komite c) peserta didik yang terkendala jaringan internet, maka pendidik memberikan pesan melalui group whatsapp supaya peserta didik tidak ketinggalan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, E-learning Madrasah, Mata pelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:01
Last Modified: 10 Oct 2024 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12314

Actions (login required)

View Item View Item