Khumaidi, Ahmad (2023) Eksperimentasi Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Pelajaran Matematika Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (769kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (778kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (792kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (749kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (969kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (500kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif saat menggunakan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dan model pembelajaran langasung pada pelajaran matematika materi pola bilangan siswa kelas VIII di MTs NU Raudlatus Shibyan Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, berjenis quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di MTs NU Raudlatus Shibyan Bae Kudus tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas VIIIA dan 37 siswa Kelas VIIIB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah 20 soal. Analisis dilakukan denga statistika uji t. hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa dari kelompok kelas eksperimen adalah 75,59, kelompok kelas kontrol adalah 65,81. Dilihat berdasarkan tabel kriteria pencapaian hasil belajar kognitif, hasil belajar yang didapatkan oleh siswa saat menggunakan model pembelajaran STEM tergolong dalam kriteria tinggi dengan interpretasi 66.665 < X ̅ ≤ 79.995 dan yang dengan model pembelajaran langsung tergolong sedang dengan kriteria interpretasi 53.335 < X ̅ ≤ 66.665. rata-rata hasil belajar kognitif yang didapatkan oleh siswa saat model pembelajaran STEM lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kognitif yang didapatkan oleh siswa saat menggunakan model pembelajaran langsung. Disimpulkan bahwa hasil belajar kognitif saat menggunakan model pembelajaran STEM lebih baik daripada hasil belajar kognitif saat menggunakan model pembelajaran langsung pada pelajaran matematika materi pola bilangan siswa kelas VIII di MTs Raudlatus Shibyan Bae Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Eksperimentasi, STEM, Hasil Belajar Kognitif, Pola Bilangan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:08 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12316 |
Actions (login required)
View Item |