Ma’rifah, Ulil (2023) Penguatan Kecerdasan Emosional melalui Tadarrus Al-Qur’an pada Awal Pembelajaran di MTs Hidayatul Mustafidin. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (882kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (439kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (496kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (586kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (397kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (564kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (317kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
Abstract
Penguatan kecerdasan emosional harus selalu di olah dengan pembiasaan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang mendukung hal tersebut. Pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an bisa menjadi salah satu upaya dalam penguatan kecerdasan emosional peserta didik. Pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an di MTs Hidayatul Mustafidin ini dilakukan setiap awal pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut peneliti hendak mengadakan penelitian dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana pelaksanaan Tadarrus Al-Quran di MTs Hidayatul Mustafidin ? 2) Bagaimana implikasi penguatan kecerdasan emosional melalui pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an di MTs Hidayatul Mustafidin? 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat penguatan kecerdasan emosional melalui pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an di MTs Hidayatul Mustafidin? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan(field research). Pendekatan yang peniliti gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Setting penelitian berada di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Data – data mengenai penguatan kecerdasan emosional peserta didik dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara langsung dengan beberapa narasumber dan dokumentasi. Setelah peneliti menganalisis data-data yang telah di kumpulkan melalui teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an sudah efisien waktunya dilaksanakan di awal pembelajaran 2) implikasi penguatan kecerdasan emosional melalui pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an tentunya memberikan dampak untuk peserta didik kedisiplinan, hubungan sosial dengan peserta didik yang lain 3) pembiasaan Tadarrus Al-Qur’an dalam penguatan kecerdasan emosional ada beberapa faktor yang mempengaruhi ada faktor pendukung dan faktor penghambat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Tadarrus Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia > IQ, EQ, ESQ Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:46 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12389 |
Actions (login required)
View Item |