Penggunaan Hashtag oleh Netizen di Tiktok (Studi Kasus #Usadzagamfachrul)

Ngartini, Ngartini (2023) Penggunaan Hashtag oleh Netizen di Tiktok (Studi Kasus #Usadzagamfachrul). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Dengan munculnya media sosial tidak lepas dari apa yang dibutuhkan oleh seseorang, maka seorang itu akan mencari atau mengekspos apa yang dibutuhkan. Media sosial yang populer saat ini adalah tiktok dan memiliki fitur hashtag. Hashtag mampu mengelompokkan video yang mempunyai tema dan jenis yang serupa. Banyak sekali hashtag yang menggunakan nama da’i muda, seperti #Ustadzagamfachrul. Terlebih yang mengunggah video dalam hashtag tersebut mayoritas adalah netizen, bukan tokoh dakwah itu sendiri. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana netizen di tiktok menggunakan #Ustadzagamfachrul, untuk menjelaskan mengapa netizen di tiktok menggunakan #Ustadazagamfachrul serta untuk menjelaskan bagaimana #Ustadzagamfachrul dapat mempermudah pencarian konten keislaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Rumusan masalah dari adanya penelitian ini adalah 1. Bagaimana netizen di Tiktok menggunakan #Ustadzagamfachrul? 2. Mengapa netizen di Tiktok menggunakan #Ustadzagamfachrul? 3. Bagaimana #ustadzagamfachrul mempermudah pencarian konten keislaman?. Penelitian ini menghasilkan simpulan diantaranya, pertama, netizen Ustadz Agam Fachrul menggunakan #Ustadzagamfachrul dengan cara mencantumkan hashtag kedalam caption. Selain itu, netizen juga menambahkan hashtag lainnya yang relevan dengan #Ustadzagamfachrul, seperti #Ustadzagam, #Agamfachrul dan hashtag lainnya. Kedua, netizen dengan #Ustadzagamfachrul memiliki alasan yang sama dalam menggunakan #Ustadzagamfachrul, yaitu untuk mengelompokkan dan mempermudah pencarian konten yang sama dengan narasi Ustadz Agam Fachrul. Serta netizen dengan #sutadzagamfachrul mengguanakan karakter hashtag sebagai Content-based hashtags dan attribute hashtags. Ketiga,#Ustadzagamfachrul mempermudah pencarian konten keislaman yang ada di tiktok. Serta mempermudah interkasi antara netizen, penghubung kreator konten keislaman dan penghubung sesama followers Ustadz Agam Fachrul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRohimi, PrimiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: #Ustadzagamfachrul, Netizen, Konten Keislaman
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:24
Last Modified: 23 Oct 2024 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12408

Actions (login required)

View Item View Item