Strategi Membangun Komunikasi Antara Wali Peserta Didik dan Guru dalam Menanamkan Karakter di Taman Kanak-Kanak Darissalamah Purwogondo Jepara

Najichah, Aizatun (2023) Strategi Membangun Komunikasi Antara Wali Peserta Didik dan Guru dalam Menanamkan Karakter di Taman Kanak-Kanak Darissalamah Purwogondo Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (342kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

Tujuan penelitian tesis ini untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter bagi anak usia dini, strategi membangun komunikasi antara wali peserta didik dan guru tentang pendidikan karakter anak usia dini, dan menemukan faktor pendukung dan penghambat didalamnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tesis ini yaitu metode kualitatif-deskriptif dengan model analisis yang dikembangkan oleh Miles and Huberman. Data-data dikumpulkan dari berbagai pendekatan meliputi: wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, 4 orang guru, dan 2 orang wali peserta didik. Penelitian ini berhasil mendeskripsikan dan menemukan beberapa fakta dalam sistem pendidikan karakter yang dilakukan di TK Darissalamah-Jepara, yakni: pertama, implementasi pendidikan karakter dilakukan dengan 3 tahapan, meliputi perencanaan dengan penyusunan visi, misi dan tujuan sekolah serta penyusunan program, pelaksanaan dengan penerapan program dengan dampak yang efektif bagi peserta didik dan evaluasi dilaksanakan secara formatif dan sumatif. Kedua, strategi membangun komunikasi antara wali peserta didik dengan guru melalui program parenting dengan cara melakukan sosialisasi pendidikan karakter anak usia dini kepada orang tua. Lalu menggunakan buku penghubung yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak secara berkala, dan melalui komunikasi langsung yang dilaksanakan oleh kepala madrasah kepada orang tua yang sibuk bekerja serta melalui media komunikasi online. Ketiga, faktor pendukung proses membangun kesamaan komunikasi yaitu faktor lingkungan sekitar, lingkungan pendidikan dan lingkungan keluarga. Sedangkan faktor penghambat membangun kesamaan komunikasi yakniterkai dengan kekurangan dari penerima pesan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter, Strategi Komunikasi, Anak Usia Dini
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:13
Last Modified: 25 Oct 2024 04:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item