Ismawati, Syafila (2023) Implementasi Pembelajaran Muatan Lokal Tasawuf Menggunakan Kitab Hidāyah Al-Ażkiyā' dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMA Hidayatul Mustafidin (Studi Kasus di SMA Hidayatul Mustafidin Dawe, Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (827kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (372kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (527kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (287kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (424kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah studi kasus, yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran muatan lokal tasawuf di SMA Hidayatul Mustafidin dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran muatan lokal tasawuf di SMA Hidayatul Mustafidin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka kurikulum, guru mata pelajaran tasawuf, dan siswa SMA Hidayatul Mustafidin. Data-data tentang implementasi pembelajaran muatan lokal tasawuf dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul dan dianalisis dengan direduksi dan dipaparkan dalam bentuk narasi/deskripsi, penelitian ini berhasil memperoleh dua temuan, yaitu: pertama, implementasi pembelajaran muatan lokal tasawuf di SMA Hidayatul Mustafidin dilakukan dengan cara mempelajari atau mengkaji kitab Hidayatul Adzkiya' karya Syaikh Zainuddin bin Ali Al Malibary dengan menggunakan metode bandongan. Kedua, Faktor pendukung implementasi pembelajaran muatan lokal tasawuf di SMA Hidayatul Mustafidin ada tiga faktor, yaitu: guru, sarana, dan orang tua. Adapun faktor penghambat yang berasal dari dalam (internal) pembelajaran adalah praktek pengamalan tasawuf, belum terealisasikannya silabus dari muatan lokal tasawuf, dan siswa itu sendiri. Faktor penghambat yang berasal dari luar pembelajaran muatan lokal tasawuf (eksternal) adalah keluarga dan lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, Muatan Lokal, dan Tasawuf | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2024 04:23 | ||||||
Last Modified: | 25 Oct 2024 04:23 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12422 |
Actions (login required)
View Item |