Ni’mah, Lili Zayidhati (2023) Analisis Isi Pesan Dakwah Vidgram Pada Akun @Reeldakwah Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Terhadap Generasi Z. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (900kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (501kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (605kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (425kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (342kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah analysis konten dakwah Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Abdul Somad dan da’i lainnya di Instagram @reeldakwah. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah vidgram pada akun @reeldakwah dalam membentuk akhlakul karimah terhadap generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan menganalisis berita media secara menyeluruh dan menarik kesimpulan mendalam tentang konten dan topik. Kajian ini didasarkan pada analisis konten berbasis komunikasi dan pemrosesan data verifikasi. Jenis peneltian menggunakan penelitian kepustakaan (library research) atau penelitian literatur yang bersumber buku-buku literatur. Setelah konten-konten dianalisis dengan tekhnik analisis isi, penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu : 1) Terdapat pesan dakwah akidah, syariah dan akhlak.. Pesan dakwah aqidah yaitu vidgram "jalani hidup itu tenang ajalah semua sudah diatur kok" dan vidgram "siapapun yang mampu meningkatkan takwanya kepada Allah". Pesan dakwah tentang syariah yaitu vidgram "Tegas! ancaman nabi buat yang percaya dukun" dan vidgram "zakat itu hanya boleh diberikan pada golongan berikut". Sedangkan pesan dakwah tentang akhlak yaitu vidgram "kalau mau murah rezeki, panjang umur, sehat badahn senangkan hati ibumu". 2) Pesan dakwah berupa akhlakul karimah yang terdapat dalam akun instagram @reeldakwah bagi generasi Z yaitu vidgram tentang etika, vidgram tentang berkata yang baik, vidgram tentang menghina keyakinan orang lain, vidgram tentang berbakti kepada ibu dan vidgram tentang memberikan manfaat kepada orang lain. 3) Faktor pendukung penggunaan media sosial instagram dalam berdakwah bagi generasi Z adalah : instagram merupakan media sosial yang dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja, instagram adalah media sosial yang populer sehingga generasi Z menggunakan instagram setiap hari dan materi yang pas dan menarik untuk dijadikan konten yang menjadi hal pendukung penyampaian dakwah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : Media sosial instagram yang digunakan sebagai sarana dakwah sangat bergantung pada koneksi internet, pemahaman followers terutama generasi Z yang terkadang berbeda dengan maksud yang diharapkan da'I dan pemilihan materi atau konten dakwah yang belum diedit untuk generasi Z yang masih minim dan pengunggahan video dakwah di instagram @reeldakwah belum ada caption apapun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pesan Dakwah, Vidgram, Akhlakul Karimah, Gen Z | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 Nov 2024 04:17 | ||||||
Last Modified: | 05 Nov 2024 04:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12474 |
Actions (login required)
View Item |