Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Software Adobe Flash Cs6 untuk Kelas VII SMP/MTs pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat

Luthfiyah, Zuly Mar’atul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Software Adobe Flash Cs6 untuk Kelas VII SMP/MTs pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (488kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (915kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (952kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat diera dewasa ini dapat menghasilkan berbagai metode pembelajaran berbasis teknologi yang dapat diterapkan. Lingkungan belajar menjadi lebih menarik dengan optik visual. Siswa juga mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat bahan ajar matematika bermodelkan multimedia interaktif dengan memanfaatkan Adobe Flash CS6 pada materi Segitiga dan Segiempat dan sekaligus untuk mengetahui kelayakan media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D atau Penelitian dan Pengembangan. Penelitian dan pengembangan ini berkaitan dengan Model Pengembangan Borg and Gall yang menggunakan 10 tahapan, karena keterbatasan biaya, waktu dan kesamaan langkah sehingga disederhanakan 7 langkah. Studi pengembangan ini diawali dengan pencarian dan pengumpulan data, kemudian dilakukan perencanaan dengan membuat desain media pembelajaran berlandaskan Adobe Flash CS6. Setelah itu, dilakukan uji coba pertama yang meliputi validasi ahli materi, ahli media dan pengguna. Komentar dan saran dari validasi diperoleh hasil berupa revisi yang kemudian oleh pengembang dilakukan pembenahan pada produk media pembelajaran. Hasil uji coba pertama diujikan kepada siswa kelas VII MTs Ihyaul Ulum. Berdasarkan studi kelayakan ahli materi, media yang dikembangkan tergolong “Sangat Memenuhi Syarat” dalam kategori “Sangat Valid” dengan kriteria validitas X ̅ = 3, 325. Uji kelayakan oleh ahli media memperoleh kategori “Valid” dengan kriteria validitas X ̅ = 3, 15. Pembuktian konsep pengguna dari percobaan pertama jumlah skor dari pengguna memperoleh skor rata-rata dengan kriteria validitas X ̅ = 3,585 termasuk ke dalam kategori “Sangat Valid”. Uji kelayakan uji lapangan produk utama di kelas VII A memperoleh skor rata-rata dengan kriteria validitas X ̅= 3,652381 termasuk dalam kategori “Sangat Valid”. Untuk kelas VII B berada pada rentang skor rata rata kriteria validitas X ̅= 3,542857. Sesuai dengan hasil yang diperoleh, penelitian ini berhasil mengembangkan produk media pembelajaran matematika yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Segitiga dan Segiempat
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Nov 2024 01:43
Last Modified: 06 Nov 2024 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12477

Actions (login required)

View Item View Item