Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Aqidah Akhlak pada Siswa di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak

Hidayatulloh, Maulana Syarif (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Aqidah Akhlak pada Siswa di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (759kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (605kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (979kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (676kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (555kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegetahui Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Aqidah Akhlak pada Siswa di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Didalam penelitian terdapat tiga permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan pemahaman materi siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak, (2) Faktor- faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pemahaman materi siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak, (3) Bagaimana keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan pemahaman materi siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, dokumentasi dan wawancara yang diperoleh dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru aqidah akhlak dan siswa kelas X dan XI MA Nahdlotussibyan Wonoketingal Karanganyar Demak, dan analisis datanya menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal sudah berjalan dengan cukup baik dan pemahaman materi aqidah akhlak oleh siswa kelas X dan XI di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching sudah dapat dikatakan baik, (2) Faktor- faktor yang menjadi pendukung dan penghambat keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran aqidah akhlak di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal adalah faktor pendukungnya meliputi adanya laboratorium, hostpot, LCD proyektor, buku paket, perpustakaan, serta rasa antusias dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi alokasi waktu yang terbatas, kondisi psikologis siswa yang sedang mengalami badmood, kesiapan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, (3) pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di MA Nahdlotussibyan Wonoketingal ini sudah dapat dikatakan efektif. Karena pada pelaksanaannya siswa sudah dapat memahami materi aqidah akhlak yang di sampaikan oleh guru dengan baik dan motivasi belajar siswa menjadi semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorZaini, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Model Quantum Teaching, PAI
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:24
Last Modified: 08 Nov 2024 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item View Item