Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di MI Nahdlatul Ulama Purwosari Kudus

Khasanah, Aeni (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di MI Nahdlatul Ulama Purwosari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (515kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (611kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (703kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (843kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang akan menganalisis tentang efektivitas model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas IV mata pelajaran IPAS di Mi Nahdlatul Ulama Purwosari Kudus. Penelitian ini didasari oleh beberapa latar belakang permasalahan tentang keefektivan model pembelajaran two stay two stray dan kemampuan berfikir kritis siswa. Efektivitas model pembelajaran akan mempengaruhi kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif berupa quasi experimental design bentuk non equivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas kontrol dan 31 peserta didik kelas eksperimen, dimana sampel ini merupakan sampel keseluruhan dari populasi atau bisa disebut dengan sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner (angket), teknik tes, dan teknik dokumentasi. Teknik pengumpulan data tersebut digunakan untuk mendukung hasil akhir dari penelitian ini. Setelah data didapatkan maka dilakukan pengujian untuk mendapatkan hasil akhir. Dalam penelitian ini efektivitas model pembelajaran two stay two stray sebesar 90,6% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada data pretest tingkat kemampuan berfikir kritis sebesar 41,94% dalam kategori kurang, sedangkan pada posttest tingkat kemampuan berfikir kritis sebesar 64,68% dengan kategori cukup. Bedasarkan data yang didapat, hasil akhir yang didapatkan adalah signifikansi sig (2-tailed) 0.000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan bahwa model pembelajaran two stay two stray efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, Rini DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model, Two Stay Two Stray, Kemampuan Berfikir Kritis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Nov 2024 01:59
Last Modified: 13 Nov 2024 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12553

Actions (login required)

View Item View Item