Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Melalui Kurikulum Merdeka pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang

Henik, Umi (2024) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Melalui Kurikulum Merdeka pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (804kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tesis ini; 1) Untuk mengetahui bagaimana MTs Negeri 3 Rembang menggunakan kurikulum merdeka dalam mengembangkan profil siswa yang Pancasilais dan Rahmatan Li Alamin; 2) Untuk mengetahui elemen-elemen yang meningkatkan profil siswa Pancasila dan Rahmatan Li Amin di MTs Negeri 3 Rembang melalui kurikulum merdeka, serta kendala yang menghambatnya.; 3) Untuk mengetahui dampak penguatan profil siswa Pancasila dan Rahmatan Li Alamin melalui penerapan kurikulum merdeka di MTs Negeri 3 Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tesis ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan model analisis studi kasus yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang. Data-data dikumpulkan dari berbagai pendekatan meliputi: wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini, yaitu Kepala Madrasah, Waka Kepala Madrasah Bidang Akademik, Ketua Tim Fasilitator, Wali Kelas dan peserta didik. Teknik analisis data digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drowing/verification. Sedangkan untuk keabsahan data digunakan teknik yang dikembangkan, yakni triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa; 1) pelaksanaan proyek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil alamin di MTs N 3 Rembang langkah-langkahnya adalah pembentukan tim fasilitator, pengidentifikasian persiapan madrasah, perancangan dimensi, tema, dll, penyusunan modul proyek, tahap pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi; 2) Faktor pendukung pelaksanaan pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil alamin di MTs N 3 Rembang adalah sarana dan prasarana yang mendukung, antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan proyek, serta komitmen guru dan kepala madrasah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain rendahnya pemahaman guru terhadap kurikulum dan proyek-proyek yang ada di dalamnya, rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti proyek, serta karakteristik siswa yang beragam; 3) Berbagai implikasi dengan adanya pelaksanaan proyek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil alamin di MTs N 3 Rembang para siswa lebih memiliki pemahaman tentang nilai-nilai pancasila dan memahami makna kebersihan dalam kehidupan, siswa memiliki ketrampilan dalam meneliti, bekerjasama, serta dapat memecahkan masalah melalui aktivitas proyek, para guru mulai menerapkan pola kerjasama atau kolaborasi antara guru mapel umum dan guru mapel agama, mampu menjadikan suasana pembelajaran dalam madrasah menjadi lebih santai dan menyenangkan, menjadikan pembelajaran karakter bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasdi, AbdurrohmanUNSPECIFIED
Thesis advisorSumadi, EkoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profil, Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil alamin
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Nov 2024 02:25
Last Modified: 13 Nov 2024 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12555

Actions (login required)

View Item View Item