Konsep Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang Pendidikan Anak dan Relevansinya dalam Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Mayong

Aabidah, Maesaroh (2023) Konsep Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang Pendidikan Anak dan Relevansinya dalam Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (385kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (469kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (833kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui Konsep pendidikan anak menurut Abdullah Nashih Ulwan. Kedua, untuk mengetahui relevansi pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang Pendidikan Anak dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kepustakaan digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama. Sementara untuk menjawab rumusan masalah kedua menggunakan penelitain lapangan dengan mendeskripsikan data dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul, selanjutnya data di analisis dengan menggunakan tehnik analisi isi (Content analysis) untuk mengetahui isi pesan dari sudut pandangipemikiran Abdullah Nashih ulwan. Kemudian menganalisis data hasil dokumentasi, observasi, dan wawancara, sehingga didapatkan hasil data tentang relevansi pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan anak dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pertama, Konsep Abdullah Nashih Ulwan meliputi materi dan metode pendidikan Islam yang bisa digunakan untuk mendidikan anak, termasuk mendidik anak di era genarasi Z ini yang berorientasi digital dan TI terdapat 2 konsep. Pertama, pada materi pendidikan keimanan, pendidikan moral/akhlak, pendidikan jasmani, pendiidkan akal, pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial kemasyarkatan, dan pendidikan seksual. Kedua, Metode pendidikan menurut Abdullah Nashih Ulwan yaitu Mendidik dengan metode keteladanan, mendidik dengan metode kebiasaan, mendidik dengan metode nasihat, mendidik dengan metode perhatian atau pengawasan, dan mendidik dengan metode hukuman. Sedangkan relevansi konsep pemikiran Abdullah nashih Ulwan dengan pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Mayong dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama mengenai materi pendidikan anak Abdullah Nashih Ulwan yang relevan pada pembelaran PAI ialah pendidikan keimanan, pendidikan moral/akhlak, pendidikan akal, pendidikan kejiwaan, pendidikan sosial kemasyarakatan, pendidikan seksualitas. Sedangkan untuk pendidikan jasmani tidak relevan dengan pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Mayong. Kedua, Metode pendidikan Abdullah Nashih Ulwan memiliki relevansi sebatas caranya dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI di keseharian anak di SMA Muhammadiyah 2 Mayong

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZaini, AhmadUNSPECIFIED
Thesis advisorItmam, Muhammad ShohibulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsep pemikiran Abdullah Nashih Ulwan, Pendidikan Anak, Pembelajaran PAI
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:49
Last Modified: 18 Nov 2024 06:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12608

Actions (login required)

View Item View Item