Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Islami pada Siswa Melalui Pembiasaan Apel Pagi dan Sholat Dzuhur Berjamaah di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus

Yusriyah, Afroh (2023) Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Islami pada Siswa Melalui Pembiasaan Apel Pagi dan Sholat Dzuhur Berjamaah di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (573kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Pembiasaan apel pagi dan sholat dzuhur berjamaah merupakan salah satu startegi yang digunakan dalam upaya penguatan pendidikan karakter islami pada siswa di madrasah. Hal tersebut merupakan upaya lembaga pendidikan dalam mewujudkan visi misi serta tujuan madrasah. Meninjau dari kurangnya pendidikan karakter islami pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk menguatkan pendidikan karakter islami pada siswa. Maka, fokus dari penelitian ini yaitu startegi yang digunakan oleh seorang pendidik dalam upaya penguatan pendidikan karakter islami melalui pembiasaan apel pagi dan sholat dzuhur yang sedang diupayakan di madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, dan juga peserta didik di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dari peneliti dengan menggunakan teknik tringulasi, yaitu tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi penguatan pendidikan karakter islami di MTs NU Hasyim Asy’ari berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh pendidik, hal ini dibuktikan dengan antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di madrasah dan semakin sadarnya siswa untuk mentaati peraturan dan tata tertib yang ada di madrasah. (2) Adapun startegi yang digunakan pendidik dalam upaya penguatan pendidikan karakter islami pada siswa melalui apel pagi dan sholat dzuhur berjamaah di MTs NU Hasyim Asy’ari 01 Kudus dilakukan dengan menggunakan menggunakan metode pemberian motivasi atau nasehat, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode penegakan kedisiplinan, metode pemberian reward dan punishment. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter islami yang dikuatkan melalui pembiasaan apel pagi dan sholat dzuhur berjamaah yaitu tawakal, tanggung jawab, jujur, beradab atau berbudi pekerti yang baik, disiplin dan toleransi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIn'ami, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Apel Pagi, Sholat Dzuhur Berjamaah, Pendidikan Karakter Islami
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:55
Last Modified: 19 Nov 2024 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item