PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 BAWU JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Azmiyah, Mursyidatul (2017) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN PENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 BAWU JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (856kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (932kB)
[img] Text
04. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (961kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kedisiplinan akan berhasil secara optimal dilakukan dengan penuh bimbingan. Disiplin merupakan kesadaran diri yang muncul dari batin terdalam untuk mengikuti dan menaati peraturan-peraturan, nilai-nilai dan hukum yang berlaku dalam satu lingkungan tertentu. Kesadaran itu anatara lain, kalau dirinya berdisiplin baik maka akan memberi dampak yang baik bagi keberhasilan dirinya pada masa depan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kedisiplinan adalah lingkungan sekolah. Sekolah merupakan wahana pendidikan dimana siswa dibiasakan dengan nilai-nilai tata tertib sekolah dan nilai-nilai kegiatan pembelajaran yang dimaksud bukan hanya guru memberikan mata pelajaran melainkan juga bagaimana mendidik, membimbing peserta didiknya dalam berdisiplin. Dalam hal membimbing peserta didik, guru BK tidak hanya memberikan bimbingan secara umum tetapi lebih tepatnya dengan pendekatan- pendekatan psikologis. Untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik tepatnya jika bimbingan dan Konseling tersebut di terapkan guru BK dengan pendekatan Client Centered. Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan dan Konseling Islam dengan Pendekatan Client Centered terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI di MAN 1 Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang di sebarkan kepada responden sebanyak 62 siswa. Adapun lokasi penelitian di lakukan di MAN 1 Bawu Jepara. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan client centered terhadap kedisiplinan peserta didik kelas XI tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 106,55 yang termasuk dalam interval 86-111. Sedangkan kedisiplinan peserta didik kelas XI tahun pelajaran 2016/2017 adalah tergolong kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 108 yang termasuk dalam interval 86-111. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan client centered terhadap kedisiplinan peserta didik kelas XI di MAN 1 Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menggunakan analisis regresi, dari hasil analisis di peroleh hasil R Square sebesar 0,389 (38,9%). Hal ini mengindikasikan bahwa variabel bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan client centered memiliki pengaruh sebesar 38,9% terhadap variabel kedisiplinan peserta didik, sedangkan sisanya sebesar 61,1% dipengaruhi oleh banyak faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Bimbingan dan Konseling Islam dengan Pendekatan Client Centered, kedisiplinan peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2017 01:45
Last Modified: 08 Jun 2017 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item